CONNECT WITH US
Erick |
 15 April 2016 12:00

Solmove bakal tutup jalanan dengan panel surya?

Sebuah StartUp asal Jerman sedang mengembangkan sebuah ide brilian bagi kelangsungan hidup masyarakat modern di masa yang akan datang.

Solmove bakal tutup jalanan dengan panel surya?

Techno.id - Kendaraan bertenaga matahari bukanlah hal baru bagi Anda. Bahkan, banyak rumah pintar yang dibekali dengan bnyak panel surya sebagai pembangkit listrik mandiri. Bagaimana dengan jalan tenaga surya?

Hal inilah yang sedang dikembangkan oleh para ilmuwan dari Jerman. Seperti yang telah diberitakan oleh AutoBlog pada hari Rabu (13/04/16) lalu, ide penerapan teknologi ini diadaptasi oleh mainan. Para ilmuwan trersebut mengatakan bahwa jalan raya merupakan lahan ideal untuk meletakkan solar cell.

Bayangkan saja jika seluruh permukaan jalan ditutup dengan solar cell, yang ditata sedemikian rupa menyerupai paving, dan tentu saja, menghadap langsung ke arah matahari sehari penuh. Jika seluruh jalanan ditutup oleh panel surya, Anda bisa membayangkan sendiri, berapa besar tenaga matahari yang terserap dan bisa dimanfaatkan.

Ilustrasi Solmove
© 2016 energieinitiative.org/energieinitiative.org

Adalah sebuah StartUp dari Jerman bernama Solmove yang telah mengadaptasi ide tersebut, dan membuat Solar Roadways. Namun untuk sementara waktu, jalanan yang telah dibuat oleh Solmove belum kompatibel untuk kendaraan lain kecuali sepeda. Meski demikian tak menutup kemungkinan jika kelak dikembangkan menjadi lebih fleksibel dan kuat menopang banyak kendaraan berat setiap harinya.

Jerman memang hanya memiliki lahan yang cukup sempit untuk mengaplikasikan ide brilian tersebut. Donald Muller-Judex, founder Solmove mengatakan, "Segala sesuatu lebih kecil di Jerman, jika dibandingkan dengan Amerika Serikat," ujarnya.

Harapannya adalah, ada cara lebih cerdas untuk mengembangkan ide tersebut lebih jauh, di tempat yang siap untuk digunakan. Apakah artinya Solmove akan berekspansi ke Amerika untuk melanjutkan misinya? Bisa jadi...

 

WHAT TO READ NEXT ?