Smartphone 5G Nokia X30 resmi meluncur, intip spesifikasi dan harganya

Smartphone 5G Nokia X30 resmi meluncur, intip spesifikasi dan harganya

Techno.id - Nokia merupakan salah satu perusahaan asal Tampere, Finlandia yang telah mengeluarkan banyak produk dengan kualitas unggulan. Kala itu Nokia menjadi brand raksasa yang banyak dilirik berkat featured phone dengan kualitas yang bisa dikatakan sangat baik. Namun setelah Android bermunculan, nama Nokia kian meredup dimakan usia.

Kini Nokia kembali bangkit melalui produk unggulan yang telah mendapat berbagai pembaruan seperti sistem operasi, fitur, desain, hingga spesifikasi. Melalui produk baru X30, Nokia ingin kembali menampakkan taringnya. Smartphone 5G satu ini hadir dengan spesifikasi menarik yang perlu dilirik.

Penggunaan chipset anyar dari Qualcomm membuat Nokia X30 mampu menjalankan beragam aplikasi berat seperti game, foto dan video, editor, dan lain sebagainya. Tidak hanya unggul di sektor jeroan, tampilan luar dari Nokia X30 juga mendapatkan banyak penyegaran. Nokia nampaknya sangat serius dalam merancang ponsel satu ini untuk memasuki pasar smartphone.

Berkenaan dengan produk baru tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (5/9) spesifikasi lengkap dan harga Nokia X30.

Spesifikasi Nokia X30

Smartphone 5G Nokia X30 resmi meluncur, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Nokia X30 Hadir dengan desain simpel tanpa banyak gradasi warna. Dua varian Cloudy Blue dan Ice White bisa dipilih sesuai selera warna yang diinginkan. Kesan minimalis namun elegan dapat terlihat ketika memandang ponsel pintar satu ini. Bicara desain, tentu tidak lepas dari dimensi dan bobot. Nokia X30 memiliki dimensi di angka 158.9 x 73.9 x 8 mm dengan bobot 185 g yang membuat pengguna merasa nyaman ketika menggunakan perangkat satu ini.

Desain minimalis yang digunakan pada Nokia X30 ternyata berfungsi untuk menutupi performa garang dari smartphone satu ini. Dibekali Snapdragon 695 5G (6 nm) membuat Nokia X30 memiliki stabilisasi performa tinggi yang mampu melibas banyak aplikasi berat dengan mudah. Dukungan jaringan 5G juga sudah bisa dirasakan pada smartphone anyar ini. Sebagaimana yang kita ketahui, jaringan 5G memiliki kecepatan dan stabilisasi jaringan yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Dengan demikian, Nokia X30 tentu sudah bisa digunakan dengan nyaman untuk menjalankan beragam keperluan yang berkaitan dengan internet.

Smartphone 5G Nokia X30 resmi meluncur, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Selain hadir dengan chipset garang. Nokia juga serius dalam menggarap sektor depan X30. Nokia X30 hadir dengan layar berukuran 6.43 inch FHD+ (1080 x 2400) AMOLED, 90Hz, 700 nits, aspect ratio 20:9, Corning Gorilla Glass Victus. Layar dengan panel AMOLED yang ada pada Nokia X30 sudah mampu menghasilkan akurasi warna yang tinggi. Keperluan editing baik foto maupun video tentu bisa dilakukan dengan lancar. Terlebih penggunaan layar dengan aspect ratio 20:9 memberikan kenyamanan lebih ketika mengerjakan keperluan tersebut.

Tidak berhenti disitu, teknologi refresh rate 90Hz yang ditanamkan pada layar Nokia X30 memberikan kelancaran ketika scrolling. Aplikasi sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya bisa diakses dengan lancar menggunakan ponsel pintar satu ini. Proteksi Corning Gorilla Glass Victus yang ada pada layar ini sudah lebih dari cukup untuk menghindari kerusakan pada layar akibat benturan benda asing.

Smartphone 5G Nokia X30 resmi meluncur, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Seakan tak mau sendiri, Nokia menemani Snapdragon 695 5G (6 nm) pada X30 dengan RAM dan storage berkapasitas cukup. Dua varian RAM dan storage 6 GB / 128 GB dan 8 GB / 256 GB tentu sudah lebih dari cukup untuk mendukung performa chipset pada Nokia X30. Kali ini Nokia tidak memberikan opsi ekspansi pada X30. Oleh karena itu setiap pengguna perlu menyesuaikan kebutuhan dengan kapasitas penyimpanan yang disediakan.

Bergeser ke sisi lain, Nokia X30 hadir dengan camera yang memiliki kualitas unggulan. Pada sisi belakang, Nokia X30 dibekali dual camera 50 MP, f/1.8, (wide) OIS, dan 13 MP, f/2.4, 123 (ultrawide) dengan fitur LED flash, HDR, panorama yang mampu merekam video hingga 1080p@30/60fps. Sedangkan sisi depan Nokia X30 hadir dengan lensa single selfie camera 16 MP, f/2.4, (wide) yang mampu merekam video hingga 1080p@30fps.

Smartphone 5G Nokia X30 resmi meluncur, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Dalam memberikan kenyamanan maksimal, Nokia membekali X30 dengan berbagai koneksi wireless. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band dan Bluetooth 5.1 sudah mampu digunakan untuk menangkap sinyal WiFi dan mengirimkan data dengan lancar. Tidak hanya itu, Nokia X30 juga dibekali koneksi wireless lain seperti GPS, NFC, Infrared port dan beberapa sensor diantaranya Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass yang memberikan kenyamanan maksimal pada ponsel pintar satu ini.

Sebagai sebuah smartphone anyar, Nokia X30 dibekali baterai dengan kapasitas besar. Baterai 4200 mAh Lithium-Ion Polymer Disematkan pada Nokia X30 untuk memaksimalkan jangka waktu Nokia X30. Tidak hanya hadir dengan baterai berkapasitas besar, Nokia X30 juga dibekali fitur fast charging 33W dan USB Power Delivery 3.0. Fitur fast charging yang dibawakan tentu sudah lebih dari cukup untuk mengisi daya Nokia X30 dengan cepat.

Nokia X30 sendiri diperkirakan akan dibanderol dengan harga 520 EUR atau setara RP 7,7 jutaan. Mengingat spesifikasi yang dibawakan, harga ini masih termasuk wajar. Selain itu dalam paket penjualan ponsel ini setiap pembeli akan mendapat Charger, Quick Start Guide, Safety Booklet, Screen Protector, Sim Pin, dan USB Type C Cable.


(brl/guf)