Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

Techno.id - iPhone merupakan salah satu produk unggulan dari Apple. Perusahaan asal Los Altos, California, Amerika ini telah sukses mengharumkan namanya melalui berbagai seri iPhone yang sedari dulu telah dirilis. iPhone sendiri adalah salah satu ponsel pintar yang susah untuk disaingi. Mulai dari spesifikasi, tampilan, hingga fitur yang ada pada perangkat iPhone bisa dibilang hampir mendekati sempurna. Kendati demikian, perangkat ini merupakan buatan manusia yang tentu tidak luput dari kekurangan.

Kini Apple kembali dirumorkan meluncurkan lini iPhone terbaru untuk memperbarui generasi sebelumnya. iPhone 14 series kabarnya akan dirilis tahun ini. Dilansir dari whathifi.com, iPhone 14 series yang akan dirilis memiliki beberapa versi mulai dari iPhone 14, 14 Max, 14 Pro, hingga 14 Pro Max. Setiap seri iPhone ini tentu memiliki spesifikasi yang berbeda.

Sektor yang membedakan seri iPhone tersebut ada di sektor layar dan baterai. Dengan kapasitas berbeda, feel penggunaan setiap varian iPhone 14 yang ada tentu akan memerlukan penyesuaian. Berkenaan dengan perangkat tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (30/8), berikut bocoran spesifikasi lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai.

Bocoran spesifikasi iPhone 14 series

Desain

Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

foto: macrumors.com

Dilansir dari macrumors.com, desain dari iPhone 14 series tidak akan berbeda jauh dengan iPhone sebelumnya. Untuk varian warna yang bisa dipilih, iPhone 14 dan 14 Max dirumorkan akan hadir dengan varian warna black, white, blue, red, dan purple. Sedangkan iPhone 14 Pro and Pro Max will allegedly come in graphite (possibly midnight), gold (possibly starlight), silver, and purple. Sedangkan iPhone 14 Pro dan Pro Max akan hadir dengan warna graphite (possibly midnight), gold (possibly starlight), silver, dan purple.

Berdasarkan foto yang bersumber dari macrumors.com, desain yang hadir pada iPhone 14 series tidak akan jauh berbeda dengan varian sebelumnya. Material yang digunakan dirumorkan akan menggunakan titanium alloy. Sisi mengotak pada iPhone 13 series masih dipertahankan Apple pada iPhone 14 series kali ini.

Chipset

Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

foto: whathifi.com

Tidak hanya unggul di bagian desain, iPhone 14 series juga sudah dibekali dengan chipset anyar. Dilansir dari whathifi.com, iPhone 14 series akan hadir dengan chipset anyar A16. Jika melirik satu generasi lebih lawas, performa A15 Bionic yang digunakan tidak bisa dianggap remeh. Menjalankan aplikasi berat dengan setting tinggi dapat dilakukan dengan mudah. Apple tentu tidak hanya mengubah nama dari 15 ke 16. Harapannya, performa chipset A16 yang digunakan bisa lebih unggul dari A15 Bionic.

Selain sektor dapur pacu, iPhone 14 series juga akan dibekali kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Dilansir dari macrumors.com iPhone 14 series akan memiliki opsi penyimpanan hingga 2 TB. Kapasitas ini tentu meningkat 2x lipat dibanding iPhone 13 series yang memiliki kapasitas storage di angka 1 TB. Selain menggunakan penyimpanan yang lebih besar, iPhone 14 series juga dirumorkan akan menggunakan eSIM-only. Sejalan dengan yang kita ketahui, eSIM atau elektronik SIM merupakan model kartu SIM yang berbasis elektronik. Penggunaan eSIM di Indonesia tentu masih termasuk jarang. Namun penggunaan eSIM sendiri masih jadi rumor dari iPhone 14 series.

Layar

Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

foto: macrumors.com

Sisi layar dari 14 series akan hadir dalam beberapa varian. iPhone 14 memiliki layar 6.06 inch, (1170 x 2532) OLED, 60Hz refresh rate, 460 pixels per inch. iPhone 14 Max memiliki layar 6.68 inch, (1284 x 2778) OLED,60Hz refresh rate, 458 pixels per inch. iPhone 14 Pro 6.06 inch, (1170 x 2532) OLED, 1120Hz variable refresh rate, 460 pixels per inch. Sedangkan iPhone 14 Pro Max 6.68 inch, (1284 x 2778) OLED, 1120Hz refresh rate, 458 pixels per inch. Perbedaan ukuran layar dan yang ada pada iPhone 14 series tentu memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda. Namun panel OLED yang disematkan memberikan kepuasan maksimal ketika menggunakan perangkat ini.

Kamera

Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

foto: macrumors.com

Sektor lain yang tidak kalah penting adalah kamera. Iphone 14 series sendiri akan hadir dalam dua model kamera. Untuk Varian Pro, Apple memberikan sedikit perbedaan dari seri reguler dan Max. Perbedaan utama hadir di bagian belakang. Resolusi kamera Iphone 14 Pro series akan memiliki resolusi 48 MP. Sedangkan versi reguler dan Max akan mendapat lensa dengan resolusi 12 MP. Jika mengingat iPhone 13, Resolusi kamera yang digunakan sudah meningkat 4x lipat. Dengan resolusi yang semakin besar, kualitas gambar yang dihasilkan tentu akan lebih baik.

Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

foto: macrumors.com

Tidak hanya berbeda di sisi belakang, desain kamera depan pada Iphone 14 Pro series juga mendapat perbedaan dari seri reguler dan Max. Iphone 14 Pro series tidak akan menggunakan notch. pengamat produk Apple Ming-Chi Kuo menjelaskan pada Maret 2021 bahwa Iphone 14 Pro series akan mengadopsi modul kamera hole-punch.

Tidak hanya menghilangkan notch, Iphone 14 Pro series juga akan dibekali dengan both a pill-shaped cutout and a circular cutout yang berfungsi sebagai wadah untuk menempatkan teknologi Face ID terbaru. Sedangkan untuk varian reguler dan Max, Apple tetap menggunakan notch pada sisi atas layar. Kendati demikian, kualitas kamera yang digunakan tidak kalah bagus dari Pro series.

Baterai

Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

foto: whathifi.com

Sektor lain yang tidak kalah penting adalah baterai. Namun iPhone 14 Pro, dan 14 Pro Max akan memiliki kapasitas yang berbeda dari iPhone 14 dan 14 Max. iPhone 14 akan memiliki baterai 3279 mAh, iPhone 14 Max 4325 mAh, iPhone 14 Pro memiliki kapasitas baterai 3200 mAh, sedangkan 14 Pro Max akan hadir dengan baterai 4323 mAh. Perbedaan kapasitas ini tentu memberikan kenyamanan penggunaan yang berbeda. Tentunya kapasitas baterai paling besar akan memberikan feel penggunaan maksimal dari perangkat ini.

Harga

Bocoran spek lini iPhone 14 mulai layar, chip, kamera, hingga baterai

foto: apple.com

Dilansir dari macrumors.com, iPhone 14 series akan hadir dengan harga mulai dari $799 atau sekitar Rp 11 jutaan. Perlu diingat, harga ini masih taksiran sementara. Pihak Apple sendiri belum mengkonfirmasi secara detail harga dari produk anyar tersebut.


(brl/guf)