Laptop gaming Razer Blade 14 Mercury Edition resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Laptop gaming Razer Blade 14 Mercury Edition resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Techno.id - Razer merupakan salah satu perusahaan asal San Diego, California, United States yang namanya sudah tidak asing di telinga banyak pengguna ekspert. Nyatanya, semua produk yang dirilis oleh Razer bisa dibilang hadir dengan spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung. Totalitas inilah yang membuat hampir semua perangkat dari Razer menjadi incaran para pembeli.

Keunggulan tersebut tentunya dijaga dengan baik oleh Razer yang dibuktikan melalui produk baru mereka di sektor laptop. Produk anyar di sektor laptop dengan nama Razer Blade 14 Mercury Edition secara resmi diluncurkan untuk turut meramaikan persaingan pasar.

Sama seperti produk Razer lainnya, Blade 14 Mercury Edition hadir dengan spesifikasi monster yang membuatnya memiliki performa tinggi untuk melibas segala keperluan. Processor kencang, kartu grafis unggulan, RAM dan storage lega, layar berpanel apik, dan komponen pendukung dengan kualitas tinggi disematkan pada laptop satu ini.

Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (8/12), spesifikasi Razer Blade 14 Mercury Edition.

Spesifikasi Razer Blade 14 Mercury Edition

Laptop gaming Razer Blade 14 Mercury Edition resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: razer.com

Razer Blade 14 Mercury Edition merupakan sebuah laptop baru yang memiliki tampilan menarik dan dengan satu varian warna Mercury dengan Tone-on-tone Razer logo. Desain tersebut memiliki tampilan yang termasuk simpel namun minimalis dengan logo Razer yang ada di bagian punggung tengah.

Bicara desain tentu kurang lengkap jika tidak melirik dimensi. Razer Blade 14 Mercury Edition memiliki dimensi 16.8 x 220 x 319.7 mm dengan bobot 1.78 kg. Dimensi dan bobot laptop ini sejujurnya tidak bisa dibilang ringan. Namun Razer tentu sudah memikirkan dengan matang akan seperti apa tampilan pada Razer Blade 14 Mercury Edition.

Nyatanya, Razer Blade 14 Mercury Edition memiliki performa yang tidak bisa dibilang rendah. Penggunaan processor AMD Ryzen 9 6900HX mampu menghasilkan performa tinggi saat perangkat ini digunakan. Processor satu ini memiliki 8 Cores 16 Threads, Base Clock 3.3GHz dan Max. Boost Clock 4.9GHz L3 Cache 16MB dengan TDP 45W.

Laptop gaming Razer Blade 14 Mercury Edition resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: razer.com

Angka tersebut tentu menunjukkan kemampuan processor yang tidak bisa dibilang sepele. Menjalankan banyak aplikasi berat bisa dilakukan dengan mudah tanpa adanya gangguan. Terlebih lagi Razer menyematkan kartu grafis unggulan yang lebih dari mampu untuk menopang performa processor yang kencang.

Mengusung NVIDIA GeForce RTX 3060 6GB GDDR6 VRAM membuat laptop satu ini mampu melibas game berat dengan setting tinggi. Terlebih kapasitas VRAM hingga 6GB yang disematkan tentu lebih dari cukup untuk membuka banyak aplikasi berat dalam waktu bersamaan. Tak perlu diragukan lagi, performa RTX 3060 saat dipadukan dengan Ryzen 9 6900HX menjadi salah satu kombinasi sempurna untuk memuaskan keperluan para gamers.

Tak hanya hadir dengan processor dan kartu grafis unggulan, Razer juga memberikan kapasitas RAM dan storage yang termasuk besar pada Blade 14 Mercury Edition. Satu varian RAM 16 GB DDR5-4800MHz (Fixed Onboard) sudah lebih dari mampu untuk membuka banyak aplikasi dengan lancar. Sedangkan storage dengan kapasitas 1 TB SSD M.2 NVMe PCIe 4.0 x4 sudah bisa digunakan untuk menyimpan banyak data dengan mudah dan aman.

Laptop gaming Razer Blade 14 Mercury Edition resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: razer.com

Untuk menampilkan beragam konten dengan tampilan yang jernih, Razer Blade 14 Mercury Edition dibekali dengan layar 14 inch FHD (1920 x 1080), 144Hz, FreeSync Premium, Anti-glare finish, color gamut 100% sRGB, individually factory calibrated. Dengan layar satu ini, konten dengan kualitas unggulan bisa dipandang dengan nyaman.

Tak hanya itu, bagi pengguna yang membutuhkan perangkat untuk keperluan editing atau membuat desain, layar Blade 14 Mercury Edition sudah lebih dari cukup untuk digunakan berkat dukungan color gamut 100% sRGB. Tak hanya itu, bagi para gamers yang mengidam-idamkan layar mulus dan responsif, fitur refresh rate 144Hz juga hadir pada Razer Blade 14 Mercury Edition yang bisa digunakan dengan mudah.

Selain memiliki layar dengan kualitas unggulan, Razer Blade 14 Mercury Edition juga didukung audio yang tidak bisa dianggap remeh. Penggunaan Built-in stereo speakers dengan Built-in array microphone, THX Spatial Audio, dan 7.1 Codec support (via HDMI) bisa digunakan oleh setiap pengguna pada laptop satu ini. Sayangnya, Razer tidak menyematkan webcam pada Blade 14 Mercury Edition. Bagi pengguna yang membutuhkan webcam, mungkin bisa menggunakan camera tambahan yang bisa dibeli secara terpisah.

Laptop gaming Razer Blade 14 Mercury Edition resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: razer.com

Agar mobilitas pengguna semakin tinggi, Razer Blade 14 Mercury Edition dibekali keyboard Per key RGB Powered by Razer Chroma N-Key rollover keyboard dan Precision glass touchpad yang memiliki ukuran standar. Dua kombinasi ini tentu lebih dari cukup untuk menjalankan Blade 14 Mercury Edition dengan nyaman saat diperlukan.

Tak lupa, Razer juga menyematkan koneksi unggulan pada laptop satu ini. Pada sektor wireless, terdapat Qualcomm WCN6856 Wi-Fi 6E, IEEE 802.11a/b/g/n/ac/ax dan Bluetooth 5.3 yang bisa digunakan dengan nyaman. Sedangkan pada sektor wired, terdapat I/O port unggulan seperti 2 x USB 3.2 Gen 2 Type-A Ports, 2 x USB 4 Type-C with Power Delivery and Display Port 1.4, Charging supported with 20V USB-C chargers with PD 3.0, HDMI 2.1 output, dan 3.5mm headphone/microphone combo port yang bisa dipakai dengan mudah.

Laptop gaming Razer Blade 14 Mercury Edition resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: razer.com

Agar Razer Blade 14 Mercury Edition bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, laptop satu ini dibekali dengan baterai berkapasitas 61.6WHr lithium-ion polymer. Dengan kapasitas tersebut, penggunaan Blade 14 Mercury Edition tentu bisa menyentuh angka pakai yang lama. Tak hanya itu, charging 230W power adapter juga disematkan untuk mengisi daya saat diperlukan.

Harga dari Razer Blade 14 Mercury Edition akan dibanderol di angka $1,999.99 atau jika dirupiahkan setara Rp 31,2 jutaan. Perlu diingat, harga yang dipatok adalah versi global. Saat Razer Blade 14 Mercury Edition masuk ke Indonesia, perbedaan harga bisa saja terjadi. Namun untuk sebuah laptop dengan performa tinggi, harga yang dipatok bisa dibilang normal.


(brl/tin)