Smartphone Nokia XR20 5G resmi meluncur, ini spesifikasi dan harganya

Smartphone Nokia XR20 5G resmi meluncur, ini spesifikasi dan harganya

Techno.id - Nokia merupakan salah satu perusahaan barang elektronik asal Tampere, Finlandia yang telah lama mendunia. Produsen barang elektronik yang mencapai puncak kejayaan pada era 2000an ini sudah mulai mengalami penurunan popularitas karena eksistensi perangkat baru. Featured phone yang mereka banggakan kala itu sudah mulai terlupakan setelah perangkat Android mulai bermunculan.

Kini Nokia mencoba kembali merebut masa kejayaan yang telah memudar melalui beberapa perangkat elektronik yang mereka keluarkan. Salah satu produk anyar yang dibuat untuk meramaikan pasar persaingan smartphone adalah Nokia XR20 5G.

Hadir dengan chipset jebolan Qualcomm membuat XR20 5G menjadi perangkat yang patut untuk dilirik. Tidak hanya dibekali chipset anyar, Nokia XR20 5G juga mendapat beberapa pembaharuan yang membuatnya semakin menarik. Desain kekinian, komponen pendukung dengan kualitas unggulan, serta sederet fitur melimpah membuat perangkat satu ini patut untuk dimiliki.

Berkenaan dengan pembahasan produk baru tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (10/10) spesifikasi lengkap dan harga dari Nokia XR20 5G.

Spesifikasi Nokia XR20 5G

Smartphone Nokia XR20 5G resmi meluncur, ini spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Nokia XR20 5G dengan nomor model TA-1368 dan TA-1362 merupakan perangkat anyar yang membawa beberapa pembaruan. Desain dari XR20 5G memiliki kesan simpel dan sangat minimalis. Dua varian warna Ultra Blue dan Granite Gray membalut dimensi 171.6 x 81.5 x 10.6 mm dengan bobot 248 g. Di atas kertas, dimensi dan bobot yang ada pada XR20 5G memang tidak bisa dibilang ringkas dan ringan. Namun dimensi dan bobot yang ada tentu memiliki beberapa pertimbangan.

Salah satu pertimbangan tersebut ada di bagian layar. Nokia memberikan laya XR20 5G dengan ukuran 6.67 inch FHD+ (1080 x 2400) IPS LCD, 550 nits, 76.8% screen-to-body ratio, Corning Gorilla Glass Victus. DEngan layar yang berukuran lebar, tentu bukan hal aneh jika bobot XR20 5G berada di angka lebih dari 200 g. Meski terbilang tidak ringan, penggunaan layar dengan ukuran besar pada smartphone satu ini memberikan kenyamanan lebih. Tidak hanya itu, Nokia juga memberikan proteksi Corning Gorilla Glass Victus yang membuat perangkat satu ini memiliki ketahanan lebih di sektor layar.

Smartphone Nokia XR20 5G resmi meluncur, ini spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Selain layar yang kokoh, Nokia XR20 5G juga hadir dengan performa mumpuni. Chipset baru bikinan Qualcomm disematkan pada XR20 5G. Chipset Snapdragon 480 5G (8 nm) hadir di sektor dapur pacu untuk menghasilkan performa tinggi. Dukungan jaringan 5G juga sudah bisa dinikmati pada smartphone satu ini. Memainkan game, menonton video, serta mengakses berbagai informasi bisa dilakukan dengan chipset satu ini tanpa ada gangguan.

Chipset sekelas Snapdragon 480 5G (8 nm) tentu memerlukan bantuan RAM dan storage yang cukup besar. Tak terkecuali XR20 5G, smartphone satu ini juga dibekali dengan RAM dan storage yang bisa dibilang cukup. Dua varian 4 GB / 64 GB dan 6 GB / 128 GB membuat perangkat satu ini bisa dioperasikan dengan lancar. Tidak berhenti disitu, XR20 5G juga sudah mendukung ekspansi penyimpanan dengan microSDXC hingga 512 GB jika diperlukan.

Smartphone Nokia XR20 5G resmi meluncur, ini spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Layaknya sebuah smartphone kekinian, Nokia XR20 5G dibekali kamera pada sisi belakang dan depan body smartphone. Pada sisi belakang, XR20 5G hadir dengan modul dual camera dengan tampilan yang agak unik. Lensa 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.25", 0.8m, PDAF dan 13 MP, f/2.4, 123 (ultrawide), 1/3.0", 1.12m dengan fitur Zeiss optics, Dual-LED dual-tone flash, second LED flash, HDR, panorama mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Yang membuat kamera belakang XR20 5G unik ada di cara penempatan dua lensa tersebut.

Nokia membenamkan dua lensa tersebut berada di atas dua LED flash. Tidak hanya itu, Nokia juga membuat lensa maupun LED flash pada XR20 5G seakan berbentuk menyilang. Bentuk menyilang pada kamera XR20 5G juga dilindungi dengan outer frame yang berbentuk kotak agar tidak terjadi goresan atau benturan.

Sisi depan dari XR20 5G hadir dengan modul single selfie camera 8 MP, f/2.0 (wide), 1/4.0", 1.12m yang mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Meski terlihat standar, kemampuan menangkap gambar dari lensa satu ini tidak bisa dianggap remeh. Untuk sekedar mengabadikan momen penting, selfie camera XR20 5G sudah mampu diandalkan.

Smartphone Nokia XR20 5G resmi meluncur, ini spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Untuk memaksimalkan penggunaan XR20 5G, Nokia membekali smartphone satu ini dengan beberapa koneksi wireless dan wired. Di sektor wireless, XR20 5G hadir dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot yang bisa digunakan untuk mengakses internet tanpa ada gangguan. Tak lupa Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX Adaptive juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima data.

Beralih ke sektor wired, Nokia XR20 5G dibekali dengan 3.5mm jack yang berfungsi sebagai tempat headset. Tidak hanya itu, XR20 5G juga sudah dibekali dengan USB Type-C 3.0 pada sisi bawah yang bisa digunakan untuk mengisi daya saat diperlukan.

Tidak hanya berbekal koneksi wireless dan wired, Nokia XR20 5G juga dibekali beragam sensor menarik seperti Fingerprint (side-mounted), Accelerometer (G-sensor), Ambient light sensor, Barometer, e-Compass, Gyroscope, dan Proximity sensor yang bisa memaksimalkan kinerja perangkat satu ini.

Smartphone Nokia XR20 5G resmi meluncur, ini spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

XR20 5G bisa digunakan dalam jangka waktu lama, Nokia memberikan baterai berkapasitas besar pada smartphone anyar ini. Baterai 4630 mAh Lithium-Ion Polymer yang memiliki ketahanan cukup tinggi. Tidak hanya awet, baterai XR20 5G juga bisa diisi dengan cepat berkat fitur Fast charging 18W Fast wireless charging 15W. Meski bukan yang paling kencang, setidaknya fast charging ini bisa mendongkrak kecepatan pengisian daya smartphone.

Nokia XR20 5G akan dibanderol dengan harga $495.00 atau setara Rp 7,5 jutaan. Mengingat spesifikasi yang disematkan, harga yang dipatok termasuk normal untuk menebus smartphone 5G satu ini. Terlebih dalam paket penjualan Nokia XR20 5G, setiap pembeli akan mendapatkan Quick Start Guide, Sim Pin, dan USB Type C Cable.


(brl/guf)