Xiaomi luncurkan smartphone Redmi A1+, ini spesifikasi dan harganya

Xiaomi luncurkan smartphone Redmi A1+, ini spesifikasi dan harganya

Techno.id - Xiaomi merupakan salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi. Fokus utama dari brand asal Beijing, China ini memberikan beragam produk unggulan dengan kualitas tinggi namun memiliki harga yang bersahabat. Konsistensi ini dijaga dengan baik oleh Xiaomi dari awal perilisan produk mereka hingga saat ini. Dengan keunggulan ini, tentu akan susah untuk tidak melirik produk dari Xiaomi sebagai referensi ketika ingin membeli barang.

Kini Xiaomi kembali merilis produk anyar mereka untuk meramaikan persaingan pasar smartphone. Melalui Redmi A1+, Xiaomi menjajakan produk anyar mereka yang berfokus di sektor entry level. Di atas kertas, spesifikasi Redmi A1+ sejujurnya bukan yang paling kencang. Namun komponen pendukung lain yang digunakan pada smartphone ini nampaknya perlu dilirik.

Baterai jumbo, layar luas, serta desain simpel minimalis menjadi nilai jual utama dari smartphone satu ini. Untuk membahas lebih detail mengenai produk baru tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (5/10), spesifikasi lengkap dan harga Xiaomi Redmi A1+.

Spesifikasi Xiaomi Redmi A1+

Xiaomi luncurkan smartphone Redmi A1+, ini spesifikasi dan harganya

foto: mi.com

Xiaomi Redmi A1+ menjadi salah satu produk baru yang menyasar kelas entry level. Smartphone budget satu ini hadir dengan tiga varian warna Light Green, Light Blue, dan Black yang memiliki kesan simpel dan minimalis. Toga varian warna ini membalut dimensi 164.9 x 76.75 x 9.09 mm dengan bobot 192 g. Mengingat bobot yang masih dibawah 200 g, penggunaan smartphone ini sebagai daily driver tentu tidak membuat tangan cepat pegal.

Tidak hanya dimensi dan bobot yang termasuk ringan, Redmi A1+ juga hadir dengan chipset baru bikinan MediaTek. Hadir dengan chipset Mediatek Helio A22 (12 nm), performa yang dihasilkan Redmi A1+ tentu tidak bisa dianggap remeh. Meski bukan yang paling kencang, namun membuka media sosial, memainkan game dengan setting rendah, serta menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan bisa dilakukan dengan lancar pada satu smartphone ini.

Xiaomi luncurkan smartphone Redmi A1+, ini spesifikasi dan harganya

foto: mi.com

Chipset Mediatek Helio A22 (12 nm) pada Redmi A1+ tentu tidak datang sendirian. Xiaomi memberikan perpaduan RAM dan storage yang bisa dibilang cukup. Dua opsi 2 GB / 32 GB dan 3 GB / 32 GB sudah bisa membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Untungnya lagi Xiaomi masih berbaik hati memberikan opsi ekspansi penyimpanan dengan microSDXC hingga 1TB jika diperlukan.

Selesai membahas sektor jeroan, kini giliran sisi depan Redmi A1+ yang ditonjolkan. Xiaomi membekali Redmi A1+ dengan layar 6.52 inch HD+ (720 x 1600) IPS LCD, 400 nits, 81.4% screen-to-body ratio, Supports Night Light. Jika melirik spesifikasi yang dibawakan resolusi HD+ memang bukan yang termasuk unggulan. Namun panel IPS dengan ukuran 6.52 inch tentu memberikan kenyamanan lebih bagi setiap pengguna baik membuka sosial media, memainkan game, maupun streaming video.

Xiaomi luncurkan smartphone Redmi A1+, ini spesifikasi dan harganya

foto: mi.com

Bagian lain pada Redmi A1+ yang tidak boleh dilupakan adalah kamera. Xiaomi membekali modul dual camera pada sisi belakang Redmi A1+ dengan lensa 8 MP, (wide) dan 0.3 MP yang dilengkapi fitur Dual LED flash untuk merekam video hingga 1080p@30fps. Sedangkan sisi depan Redmi A1+ hadir dengan modul single selfie camera 5 MP yang mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Baik lensa belakang maupun depan yang disematkan memang bukan yang terbaik. Namun setiap kamera pada smartphone ini tentu sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan sekedar mengabadikan momen penting.

Untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna, Xiaomi membekali beberapa koneksi penting baik wireless maupun wired pada Redmi A1+. Pada sektor wireless, terdapat Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot yang bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat ini dengan koneksi internet. Tak lupa Bluetooth 5.0, A2DP, LE juga hadir untuk mengirim dan menerima data dengan mudah. Tidak sampai disitu, beberapa sensor seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, dan Virtual proximity sensing juga tidak absen pada smartphone satu ini.

Xiaomi luncurkan smartphone Redmi A1+, ini spesifikasi dan harganya

foto: mi.com

Sektor wired pada Redmi A1+ juga tergolong cukup lengkap. Xiaomi tidak menghilangkan 3.5mm jack yang bisa digunakan untuk mengoperasikan headset dengan lancar. Selain itu microUSB 2.0 juga ada pada sisi bawah tengah Redmi A1+ yang berfungsi untuk mengisi daya smartphone satu ini ketika kehabisan daya.

Bicara soal mengisi daya, Redmi A1+ memiliki baterai dengan kapasitas yang bisa dibilang cukup besar. Xiaomi membekali Redmi A1+ dengan baterai berkapasitas 5000 mAh Lithium-Ion Polymer. Kapasitas besar ini tentu sudah lebih dari cukup jika digunakan seharian. Untuk pengisian daya, Xiaomi memberikan Redmi A1+ dengan fitur fast charging 10 W yang bisa didapatkan melalui adapter bawaan dan kabel microUSB 2.0.

Xiaomi luncurkan smartphone Redmi A1+, ini spesifikasi dan harganya

foto: mi.com

Xiaomi Redmi A1+ diperkirakan akan dibanderol dengan harga 120 EUR atau jika dikonversi ke Rupiah setara Rp 1,8 jutaan. Mengingat smartphone ini menyasar sektor entry level, harga yang dipatok termasuk wajar. Terlebih dalam paket penjualan smartphone ini, setiap pembeli akan mendapatkan Unit Redmi A1+, Adapter, USB cable, SIM eject tool, Warranty card, dan User guide.


(brl/guf)