Spesifikasi dan harga Google Pixel 6a, dapat merekam video kualitas 4K

image

Techno.id - Sebagai perusahaan teknologi masa kini, Google juga turut hadir di pasar gadget. Mereka sukses dengan mengeluarkan produk smartphone dengan label Google Pixel. Perangkat tersebut sudah memiliki 6 generasi, dan seri terbarunya adalah Google Pixel 6a.

Google sebagai pendatang baru dalam dunia smartphone, mereka mengedepankan kualitas dalam membangun perangkat. Tak tanggung-tanggung Google Pixel 6a mempunyai spesifikasi gahar walaupun merupakan seri paling ringan. Bahkan perangkat ini menjadi alternatif bagi penggemar perangkat Google karena harga yang dibanderol cukup terjangkau.

Google mengandalkan sektor kamera pada seri Pixel 6a. Lalu bagaimana dengan spesifikasi lengkapnya? Kali ini techno.id pada Jumat (17/6) akan memberikan spesifikasi lengkap dari Google Pixel 6a yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Desain body.

pixel 6a  berbagai sumber

foto: Twitter/@evleaks

Google Pixel 6a masih mempertahankan konsep desain pendahulunya dengan modul kamera persegi panjang. Untuk ukuran dari body perangkat ini memiliki diameter 152.2 x 71.8 x 8.9 mm dengan bobot 178 gram. Body dari perangkat tersebut terbuat dari aluminium untuk bagian frame dan plastik untuk casing. Smartphone Pixel 6a dari Google telah mengantongi sertifikat IP67, sehingga perangkat dapat tahan terhadap air dan debu.

2. Display layar.

pixel 6a  berbagai sumber

foto: Twitter/@evleaks

Google memberikan screen dengan tipe OLED dengan ukuran 6,1 inci. Layar tersebut menghasilkan kualitas grafis beresolusi full HD 1080 x 2400 pixel. Kemudian terdapat perlindungan layar dari Corning Gorilla Glass 3. Dengan perlindungan tersebut perangkat dapat tahan terhadap goresan. Namun sayangnya refresh rate yang dihasilkan hanya sebatas 60 Hz saja.

3. Prosesor dan penyimpanan.

pixel 6a  berbagai sumber

foto: Twitter/@evleaks

Google menggunakan prosesor yang dikembangkan sendiri oleh mereka. Chipset yang dikembangkan oleh perusahan asal Amerika Serikat ini adalah Google Tensor dengan fabrikasi 5 nm. Chipset tersebut disandingkan dengan CPU octa-core clock speed 2.80 GHz, dan GPU tipe Mali-G78 MP20. Untuk sistem operasi Google Pixel 6a menggunakan basis dari Android 12.

Adapun untuk penyimpanan, Pixel 6a menggunakan RAM berkapasitas 6 GB dan memori internal sebesar 128 GB tipe UFS 3.1. Sayangnya tidak ada slot microSD untuk penambahan kapasitas penyimpanan yang diberikan.

4. Kamera.

pixel 6a  berbagai sumber

foto: Twitter/@evleaks

Pada sektor kamera, Google Pixel 6a menggunakan sistem dual kamera. Terdapat kamera dengan lensa wide 12.2 MP bukaan 1.7 dengan sensor PDAF dan OIS. Kamera tersebut ditemani oleh kamera ultrawide dengan lensa beresolusi 12 MP bukaan 2.22 dengan tangkapan angel 114 derajat. Sedangkan untuk kamera selfie menggunakan lensa wide 8 MP bukaan 2.0.

Google mengedepankan sebuah sensor kamera yang ciamik. Dengan begitu kamera utama dari perangkat ini memiliki kemampuan 4K saat merekam video di kecepatan 30 fps. Namun pada kamera selfie hanya mampu memberikan kualitas rekaman video 1080p di kecepatan 30 fps.

5. Baterai dan fitur lainnya.

pixel 6a  berbagai sumber

foto: Twitter/@evleaks

Google Pixel 6a memiliki kapasitas daya 4410 mAh. Perangkat tersebut didukung oleh pengisian daya cepat hingga 18 Watt. Port yang digunakan yaitu USB Power Delivery 3.0. Smartphone dari Google tersebut sudah mempunyai sensor Fingerprint under display, optical, accelerometer, gyro, proximity, compass dan barometer.


(brl/guf)