WhatsApp versi Beta kini bisa untuk mengirim pesan video pendek, begini cara menggunakannya

WhatsApp versi Beta kini bisa untuk mengirim pesan video pendek, begini cara menggunakannya

Techno.id - WhatsApp mulai menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna merekam pesan video pendek dan mengirimkannya kepada orang lain. Fitur baru ini memungkinkan pengguna merekam dan berbagi video hingga 60 detik dengan orang lain secara langsung dalam obrolan.

Cara kerjanya mirip dengan opsi catatan suara yang memungkinkan pengguna mengirim rekaman suara ke orang lain dalam obrolan. Fitur baru ini diluncurkan untuk pengguna Android dan iOS dengan WhatsApp Beta versi 2.23.13.4 dan versi 23.12.0.71.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia untuk pengguna tertentu dan diluncurkan secara bertahap sehingga kamu mungkin tidak akan melihat opsi ini tersedia meskipun kamu sudah menginstal versi beta di ponsel.

Jika kamu pensaran dan ingin mencobanya, kamu bisa memeriksa apakah memiliki fitur ini dengan mengetuk ikon mikrofon di samping bilah obrolan. Jika ikon berubah menjadi video, maka fitur tersebut telah diaktifkan untuk kamu.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menahan ikon video dan itu akan memulai pengatur waktu tiga detik dan aplikasi akan mulai merekam. Seperti halnya dengan catatan suara, WhatsApp memberikan opsi kunci sehingga kamu tidak perlu terus menahan tombol video untuk merekam pesan.

WhatsApp versi Beta kini bisa untuk mengirim pesan video pendek, begini cara menggunakannya foto: neowin.net/mehrotra a

Setelah selesai merekam, kamu dapat mengetuk tombol merah di bagian tengah bawah layar untuk berhenti merekam. Kamu kemudian dapat memutar ulang rekaman video sebelum memutuskan untuk mengirimnya.

WhatsApp juga menyediakan tombol hapus di pojok kiri bawah sehingga kamu bisa menghapus video jika tidak menyukainya dan memulainya lagi. Setelah puas, kamu dapat mengetuk kirim untuk berbagi video dengan orang lain.

Fitur ini diluncurkan WhatsApp Beta untuk Android dan iOS. Belum ada kabar resmi kapan WhatsApp berencana meluncurkannya ke publik. WhatsApp menguji beberapa fitur baru akhir-akhir ini, untuk mengimbangi persaingan dari Telegram. Baru-baru ini, WhatsApp memperkenalkan Channels, sebuah fitur seperti siaran untuk bisnis dan admin.

WhatsApp juga mulai menguji kemampuan untuk berbagi layar saat melakukan panggilan serta kemampuan untuk mengedit pesan, baik di desktop maupun versi mobile aplikasi.

(brl/red)