Cara mudah blur chat WhatsApp Web agar tidak diintip, bikin aman dan hati tentram

Cara mudah blur chat WhatsApp Web agar tidak diintip, bikin aman dan hati tentram

Techno.id - WhatsApp merupakan platform perpesanan digital diandalkan oleh banyak pengguna gadget saat ini. Pengguna bisa menggunakan WhatsApp baik melalui smartphone, tablet, maupun laptop atau PC. Hal tersebut bisa dilakukan karena adanya fitur WhatsApp Web yang diberikan oleh developer.

WhatsApp Web biasanya dipakai oleh para pegawai maupun seseorang tengah mengerjakan tugas memakai laptop. Dengan WhatsApp Web pengguna bisa terus berkomunikasi tanpa harus bergonta-ganti device. Bahkan fungsi dari aplikasi tidak dikurangi meski menggunakan versi web. Pengguna tetap bisa mengirimkan pesan, file dokumen, serta melihat status.

Meski dipermudah dengan adanya WhatsApp Web, namun beberapa pengguna pasti merasa tidak nyaman lantaran bisa jadi orang lain mengintip isi chat pengguna. Apalagi WhatsApp Web menggunakan layar device besar, memungkinkan orang lain dapat melihat secara jelas meski duduk berdamping. Biasanya hal ini terjadi di dalam lingkungan kerja di kantor.

Beruntungnya saat ini ada cara agar pengguna bisa melakukan blur ke WhatsApp Web. Dengan begitu, tampilan WhatsApp Web tidak akan mudah diketahui oleh orang di sekitar pengguna. Lantas seperti apa cara untuk menerapkannya? Berikut techno.id sajikan cara mudah blur chat WhatsApp Web agar tidak diintip, yang dihimpun dari berbagai sumber.

Sebenarnya cara untuk menerapkan blur di tampilan WA Web adalah dengan Privacy Extension For WhatsApp Web dan WA Web Plus. Kedua ekstensi ini sudah ada di dalam Google Chrome, Mozilla Firefox, sera Microsoft Efge.

Keduanya ekstensi WhatsApp tersebut memang bisa diandalkan untuk beberapa keperluan privasi ketika menggunakan WA Web. Privacy Extension For WhatsApp Web misalnya, ekstensi tersebut memiliki satu fungsi utama yakni melakukan blur chat di WhatsApp Web. Pengguna bisa mengatur apa saja ingin diburamkan baik itu pesan, preview, foto profil, nama pengguna, dan masih banyak lagi.

Kemudian di dalam ekstensi WA Web Plus terdapat fitur seperti mengaburkan besan, menyembunyikan informasi "Mengetik..", mengembalikan pesan dihapus, kostumisasi wallpaper di chat, dan masih banyak lagi. Berikut cara lengkap untuk menggunakan ekstensi tersebut.

Cara blur chat WhatsApp Web menggunakan Privacy Extension For WhatsApp Web

Cara mudah blur chat WhatsApp Web agar tidak diintip, bikin aman dan hati tentram

foto: chrome.google.com

1. Silakan buka browser Google Chrome di desktop sobat.
2. Klik menu dengan tiga titik vertikal yang ada di sudut kanan atas lalu pilih opsi Extensions, kemudian Visit Chrome Web Store.
3. Setelah diarahkan ke Chrome Web Store, ketik Privacy Extension For WhatsApp Web di kolom pencarian.
4. Selanjutnya klik hasil pencarian paling atas lalu tekan tombol 'Add to Chrome' untuk menginstal ekstensi.
5. Setelah ekstensi berhasil terinstal, nantinya akan ada ikon mata berwarna hijau di toolbar ekstensi Google Chrome.
6. Klik ikon tersebut untuk memilih bagian WhatsApp Web mana yang ingin di-blur, misalnya hanya pesan dan foto saja atau semuanya.
7. Setelah itu buka WhatsApp Web dan sobat akan melihat tampilan chat yang sudah diburamkan sesuai pengaturan.

Cara blur chat WhatsApp Web menggunakan WA Web Plus

Cara mudah blur chat WhatsApp Web agar tidak diintip, bikin aman dan hati tentram

foto: chrome.google.com

1. Silakan buka Google Chrome di desktop dan masuk ke Chrome Web Store mengikuti cara sebelumnya.
2. Ketik WA Web Plus di kolom pencarian di bagian sudut kiri atas.
3. Klik hasil pencarian teratas lalu tekan tombol 'Add to Chrome' untuk memulai proses instalasi.
4. Setelah ekstensi selesai diinstal, akan muncul ikon plus berwarna hijau di toolbar ekstensi.
5. Selanjutnya klik ikon berwarna hijau itu untuk membuka WhatsApp Web di tab baru.
6. Klik lagi ikon plus berwarna hijau untuk menampilkan halaman pengaturannya
7. Untuk mengaburkan chat WhatsApp Web, centang opsi 'Blur recent messages', 'Blur contacts names', 'Blur contacts photos', dan 'Blur conversation messages'.

Itulah beberapa cara bisa kamu gunakan untuk melakukan blur di WhatsApp Web. Tidak ada salahnya jika sobat menerapkan ekstensi agar privasi tetap terjaga. Selamat mencoba!


(brl/guf)