WhatsApp hadirkan dukungan passkey di aplikasi Android, begini cara menggunakannya

WhatsApp hadirkan dukungan passkey di aplikasi Android, begini cara menggunakannya

Techno.id - Meta menambahkan dukungan untuk passkey pada versi beta terbaru WhatsApp untuk Android (v2.23.20.4). Setelah pengguna mengaktifkan fitur ini, mereka dapat masuk ke akun WhatsApp di perangkat Android saat mengatur aplikasi dengan mengautentikasi identitas menggunakan biometrik menggunakan pemindaian sidik jari atau pengenalan wajah, PIN, atau pola.

Artinya, dengan adanya passkey, pengguna tidak perlu lagi memasukkan OTP ke dalam aplikasi untuk masuk ke akun mereka di platform, sehingga proses masuk menjadi lebih mudah.

Sekadar informasi, passkey adalah kredensial digital yang dibuat menggunakan pengelola kata sandi dan disimpan ke dalam layanan yang sama. Ini adalah cara baru untuk masuk ke situs web atau akun aplikasi tanpa memasukkan kata sandi. Passkey menawarkan keamanan yang lebih baik selain menghilangkan kebutuhan pengguna untuk mengingat kata sandi yang rumit.

Bagaimana cara kerja kode sandi di WhatsApp?

WhatsApp hadirkan dukungan passkey di aplikasi Android, begini cara menggunakannya foto: unsplash/christian wiediger/whatsapp

Untuk kode sandi di WhatsApp, kamu dapat mengatur metode autentikasi tanpa kata sandi di aplikasi dengan membuka Pengaturan WhatsApp >Akun> Kode sandi dan mengetuk Buat kode sandi.

WhatsApp sekarang akan meminta kamu memilih pengelola kata sandi di perangkat yang mendukung fitur tersebut, seperti 1Password, Pengelola Kata Sandi Google, dan NordPass. Setelah memilih opsi yang diinginkan, WhatsApp akan menyimpan kata sandi ke pengelola kata sandi yang kamu pilih. Selesai, kamu telah berhasil mengatur kata sandi di WhatsApp.

Sekarang, jika kamu perlu masuk ke akun WhatsApp di perangkat Android lagi, kamu cukup memberikan passkey yang disimpan di pengelola kata sandi kepada aplikasi dengan mengautentikasi identitas kamu dengan biometrik, PIN, atau pola. Kamu tidak perlu memasukkan OTP untuk masuk ke akun WhatsApp. Fitur ini memungkinkan kamu masuk ke WhatsApp di ponsel pintar atau tablet Android meskipun perangkat tersebut tidak memiliki jaringan selular. Meta mungkin akan meluncurkan passkey untuk publik dalam beberapa bulan ke depan.

Kecepatan Meta dalam menambahkan fitur ke WhatsApp semakin meningkat setiap harinya. Sejak bulan lalu, WhatsApp telah menambahkan setidaknya empat fitur baru, termasuk kemampuan untuk mengirim foto dan video berkualitas tinggi, dukungan untuk Avatar dalam panggilan video, Saluran, dan metode pembayaran baru dalam aplikasi untuk berbelanja di platform.

(brl/red)