TV analog resmi dimatikan, ini 7 cara nonton TV digital di HP & laptop

TV analog resmi dimatikan, ini 7 cara nonton TV digital di HP & laptop

Techno.id - Pada 2 November lalu, Kominfo secara resmi menonaktifkan siaran pada TV analog. Peralihan dari TV analog ke TV digital nampaknya diperhatikan dengan sangat oleh Kominfo. Jika melihat sisi positifnya, peralihan tersebut tentu menjadi langkah yang bijak. Hal ini dikarenakan TV digital memiliki kualitas jaringan yang lebih baik jika dibandingkan dengan TV analog.

Namun apabila melihat sisi negatifnya, banyak pengguna TV analog yang tidak lagi bisa menyaksikan acara kesukaan mereka. Ibu-ibu rumah tangga yang gemar menangis bombay karen menonton sinetron dari India sudah tidak bisa lagi menyaksikan ketegangan dari sinetron yang ada. Tak hanya itu, sederet siaran lain yang ada di TV analog juga dihapuskan secara menyeluruh.

Meski demikian, tentu ada cara yang bisa dilakukan untuk menikmati acara kesukaan. Hanya bermodalkan HP dan laptop, berbagai siaran menarik bisa dinikmati dengan mudah. Sebelum bisa menggunakan HP dan laptop untuk menikmati siaran TV digital, tentu perlu dilakukan persiapan terlebih dahulu.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (7/11), 7 cara nonton TV digital di HP & laptop.

Cara nonton TV digital di HP & laptop

TV analog resmi dimatikan, ini 7 cara nonton TV digital di HP & laptop

foto: freepik.com

Agar bisa menikmati siaran TV yang ada, tentu diperlukan beberapa persiapan salah satunya koneksi internet yang lancar. Tidak hanya itu, bagi kamu yang tidak ingin menggunakan internet, ada cara yang bisa dilakukan. Untuk menilik lebih jauh mengenai cara menonton TV di HP dan laptop, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Menonton TV menggunakan Situs Resmi Stasiun TV

Stasiun TV di Indonesia telah memiliki website resmi tersendiri yang bisa digunakan untuk menonton siaran yang ada. Hanya dengan mengunjungi website resminya, kamu bisa menikmati saluran TV yang ada. Bagi kamu yang ingin streaming, setidaknya ada beberapa saluran yang bisa kamu kunjungi seperti RCTI, SCTV, TVRI Nasional, MNC TV, Global TV, Metro TV, Net. TV, Trans TV, Trans 7, Kompas TV, Berita Satu, TV One, RTV, Duta TV, Jawa Pos TV, JAK TV, iNews TV, TVMu (Muhammadiyah), JTV, serta Nusantara TV.

2. Menonton TV menggunakan YouTube

Tidak hanya berisikan bergam video trending, YouTube juga menjadi slah satu aplikasi yang bsia kamu gunakan untuk menonton siaran TV. Kamu hanya perlu mengetikkan Streaming TV pada kolom pencarian untuk memilih saluran yang diinginkan. Untuk memilih siaran langsung atau tayangan ulang, kamu bisa masuk ke menu Filter, lalu pilih Live.

3. Menonton TV menggunakan Vidio

Selain bisa digunakan untuk mencari video hiburan, Vidio juga bisa kamu manfaatkan untuk menonton TV secara langsung. Tak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, kamu hanya perlu buka aplikasi Vidio atau kunjungi situs resminya. Masuk ke menu LIve di pojok kiri atas layar perangkat, lalu pilih channel yang kamu inginkan.

4. Menonton TV menggunakan Mivo

Tak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, cara berikutnya untuk menikmati siaran TV menggunakan HP dan laptop adalah melalui Mivo. Agar bisa menggunakan Mivo dengan lancar, kamu hanya perlu mengunjungi website resminya . Kamu bisa memilih beragam saluran TV lokal seperti RCTI, SCTV, TVRI Nasional, MNC TV, Global TV, dan masih banyak lagi.

5. Menonton TV menggunakan RCTI+

Sesuai namanya, RCTI+ merupakan website yang bisa kamu gunakan untuk menonton siaran TV secara online. Tak hanya menyediakan acara RCTI, website satu ini juga bisa kamu gunakan untuk menonton siaran lain dari MNCTV, Global TV, dan iNews TV. Selain berfungsi untuk menonton siaran TV secara online, RCTI+ juga menyediakan berbagai berita menarik yang aktual dan terpercaya.

6. Menonton TV menggunakan UseeTV

UseeTV merupakan penyedia siaran TV yang sangat beragam. Tidak hanya siaran lokal, berbagai tayangan global juga tersedia pada satu aplikasi ini. Bagi kamu yang berlangganan paket IndiHome, UseeTV sudah include dalam pembayaran yang telah dilakukan. Jadi kamu tidak perlu membayar lagi untuk menikmati siaran di UseeTV. Untuk menonton tayangan yang ada, kamu bisa masuk ke menu Live TV.

7. Menonton TV menggunakan TV Tuner

Jika enam cara sebelumnya bisa dilakukan jika kamu memiliki jaringan internet, maka yang satu ini tidak membutuhkan koneksi apapun. Meski tidak memerlukan koneksi, kamu perlu membeli TV Tuner. Untuk mendapatkan TV Tuner. kamu bisa membelinya di berbagai online shop. Untuk menggunakan TV Tuner, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Sambungkan TV Tuner pada port USB yang ada di laptop kamu.
2. Sambungkan komponen lain seperti jack audio dan video, kabel antena indoor, serta kabel ekstensi USB yang telah tersedia dalam paket penjualan TV Tuner.
3. Masukkan CD Driver yang ada dalam paket penjualan, kemudian install sesuai arahan yang ada.
4. CD Driver yang ada dalam paket penjualan berisi aplikasi yang akan digunakan untuk menonton TV.
5. Setelah aplikasi terinstal, kamu bisa membukanya untuk mulai menonton TV di laptop tanpa menggunakan koneksi internet.


(brl/guf)