Cara mengganti siaran TV analog ke digital, cepat dan mudah

Cara mengganti siaran TV analog ke digital, cepat dan mudah

Techno.id - Mulai 1 Mei 2022 Kominfo telah melakukan penghentian akses TV analog secara bertahap di sejumlah daerah. Hal tersebut merupakan realisasi kebijakan Kominfo yang mewajibkan untuk mengubah siaran televisi analog menuju TV digital.

Dilansir dari website resmi Kominfo, TV digital adalah siaran yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi dengan kualitas gambar dan suara lebih jernih dan canggih. Siaran TV digital merupakan layanan Free to Air atau FTA, yang berbeda dengan streaming menggunakan jaringan internet dan gawai. Artinya TV digital tetap dapat dinikmati secara gratis.

Melalui pengertian tersebut dapat diambil garis kesimpulan bahwa TV digital berbeda dengan layanan TV kabel berlangganan, maupun TV box atau bahkan smart TV yang perlu tersambung ke jaringan internet. Melainkan siaran TV biasa namun menggunakan tangkapan sinyal secara digital.

Tentu ada berbagai manfaat menggunakan TV digital, termasuk gambar yang lebih jernih. Lalu bagaimana cara mengubah TV Analog ke TV digital? Pada kesempatan ini Rabu (4/5), techno.id akan memberikan langkah mengganti siaran ke TV digital.

Ada dua opsi cara beralih ke Tv digital. Pertama, TV analog dapat menggunakan set top box (STB) atau dekorder. Kedua, TV digital dapat menggunakan perangkat penerima DVB-T2. Berikut cara untuk mengubah siaran TV analog ke TV digital:

Cara mengganti siaran TV analog ke digital, cepat dan mudah

foto: pixabay.com

1. Silakan hubungkan TV yang digunakan dengan perangkat STB atau DVBT2

2. Selanjutnya nyalakan TV dan masuk ke mode AV

3. Sesuaikan mode AV dengan koneksi STB apabila terdapat beberapa mode AV, seperti AV1, AV2, dan seterusnya

4. Nyalakan perangkat STB

5. Tekan tombol "Menu" pada remot STB, dan cari opsi "Pencarian saluran"

6. Pilih opsi "Pencarian otomatis"

7. Tunggu hingga STB berhasil mencari sinyal siaran TV digital

8. Setelah perangkat STB selesai melakukan pencarian, silakan untuk pilih opsi "Simpan"

9. Secara otomatis TV analog akan menyajikan siaran TV digital secara otomatis. Catatan, untuk perangkat STB pengguna perlu memasukkan kode pos wilayahnya.

(brl/tin)