Kenali 5 ciri-ciri TV digital, ketahui sebelum membeli STB yang tepat

image

Techno.id - Pemerintah melalui Kominfo telah resmi menghentikan siaran TV analog untuk berbagai daerah. Masyarakat diminta untuk beralih ke saluran TV digital. Hal tersebut tentu memberikan dampak positif, karena kualitas gambar akan semakin jernih.

Agar dapat beralih ke saluran TV digital, masyarakat dapat memasang STB. Dekoder set top box atau sering disebut STB merupakan alat yang dapat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara. Dengan begitu TV analog tetap dapat menangkap sinyal yang dipancarkan secara digital dan menampilkannya ke layar kaca.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah membagikan bantuan kepada warga yang telah terdaftar dalam DTKS, untuk mendapatkan sebuah alat STB. Sedangkan untuk masyarakat yang tidak menerima bantuan STB, bisa membeli alat tersebut secara mandiri di toko elektronik terdekat.

Akan tetapi sebelum membeli sebuah STB, alangkah baiknya untuk mengetahui apakah TV yang digunakan merupakan TV analog atau digital. Apabila TV yang digunakan adalah TV digital, maka STB sudah tidak diperlukan kembali. Kali ini techno.id akan memberikan lima ciri-ciri TV digital pada Kamis (5/5) yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tidak berbentuk tabung.

Ciri TV digital   berbagai sumber

foto: pixabay.com

Ciri paling mudah untuk mengetahui apakah TV yang digunakan adalah TV digital, ada pada bentuknya. TV digital mempunyai bentuk tipis dengan layar yang lebar. Berbeda dengan TV analog yang kerap mempunyai bentuk tabung, berat, dan layar yang kecil. Akan tetapi tidak semua TV dengan model tabung adalah TV analog. Terdapat TV tabung yang mempunyai chip untuk siaran digital.

2. Mendukung saluran DTV.

Ciri TV digital   berbagai sumber

foto: pixabay.com

Sebagaimana diketahui, bentuk TV tidak menjadi sebuah patokan untuk melihat apakah TV tersebut merupakan TV digital atau bukan. Ciri yang selanjutnya adalah dengan mengetahui apakah ada dukungan dari sinyal DTV atau tidak. Apabila tidak, dapat dipastikan TV tersebut merupakan TV analog. Cara mengetahuinya cukup masuk ke Menu, kemudian pilih Channel atau saluran. Kemudian cek apakah ada pilihan DTV atau hanya ATV saja.

3. Terdapat dekoder DVB-T2.

Ciri TV digital   berbagai sumber

foto: shopee.co.id

Ciri yang dapat diketahui selanjutnya ada pada keterangan spesifikasi televisi yang digunakan. Jika terdapat keterangan sudah dilengkapi dengan dekoder DVB-T2, maka dipastikan TV tersebut merupakan TV digital. Digital Video Broadcasting-Terrestrial second generation atau sering disingkat DVB-T2 berfungsi sebagai penerima sinyal pada TV digital. DVB-T2 yang berbentuk chip tersebut dapat mengakses siaran TV digital tanpa STB.

4. Kualitas gambar jernih.

Ciri TV digital   berbagai sumber

foto: pixabay.com

Gambar yang ditampilkan pada TV digital tentu lebih jernih. Detail warna dan kecerahan lebih keluar daripada TV analog. Bahkan untuk TV digital mampu mengeluarkan resolusi gambar dari kualitas HD hingga 4K. Selain grafis, TV digital kerap bekerja sama dengan perusahaan audio seperti Dolby.

5. Tidak ada gangguan.

Ciri TV digital   berbagai sumber

foto: pixabay.com

Ciri lain yang dapat terlihat adalah tidak adanya gangguan saat siaran berlangsung. Sering kali TV analog mengalami gangguan sinyal yang berakibat hilangnya gambar. Namun TV digital sangat jarang sekali mengalami gangguan seperti yang dialami TV analog.

Itulah beberapa ciri yang dapat terlihat pada TV analog maupun digital. Diharapkan masyarakat tidak salah melakukan pembelian STB untuk menunjang siaran TV digital.

(brl/tin)