Cara nonton TV Digital tanpa bantuan Set Top Box, tampilan jernih

Cara nonton TV Digital tanpa bantuan Set Top Box, tampilan jernih

Techno.id - Pemerintah Indonesia telah memberlakukan aturan yang dikhususkan untuk peralihan dari TV analog ke digital. Peraturan tersebut pada dasarnya sudah diumumkan dari beberapa bulan lalu. Peresmiannya baru dilakukan oleh Kominfo pada 2 November lalu. Bagi pengguna TV analog, secara menyeluruh tidak bisa lagi menyaksikan siaran yang ada.

Namun lain halnya dengan dengan pengguna TV Digital, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk menyaksikan tayangan tanpa menggunakan Set Top Box. Tidak seperti TV Analog, kecanggihan pada TV Digital bisa dibilang jauh lebih baik. Bahkan pemerintah telah mencantumkan beberapa merek TV Digital yang mampu menangkap sinyal meski tidak menggunakan Set Top Box.

Agar bisa menikmati siaran pada TV Digital tanpa menggunakan Set Top Box, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Namun bagi setiap pengguna yang sudah memiliki TV Digital di rumah, tidak perlu buru-buru membeli Set Top Box sebagai receiver sinyal. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa menikmati siaran TV dengan mudah.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (4/11), cara nonton TV Digital tanpa bantuan Set Top Box.

Cara nonton TV Digital tanpa bantuan Set Top Box

Cara nonton TV Digital tanpa bantuan Set Top Box, tampilan jernih

foto: pixabay.com

TV Digital bisa digunakan untuk menonton siaran TV, tentu perlu ada beberapa hal yang dipersiapkan. Tak hanya itu, bagi kamu yang menggunakan TV dengan beberapa merek seperti Samsung, LG, Panasonic, Mito, LG, Realme, Polytron, Cooccaa, Changhong, Sanken, Sharp, Aqua, Akari, Philips, Toshiba, Sony, Hisense, hingga Realme agaknya masih bisa bernafas lega. Beberapa seri dari merek tersebut bisa digunakan tanpa Set Top Box.

Kendari demikian, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Setidaknya ada dua hal yang perlu dilakukan sebelum mulai menyaksikan siaran pada TV Digital tanpa menggunakan STB. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Perhatikan stiker di belakang TV atau label pada kardus TV

Pada beberapa TV keluaran terbaru, terdapat stiker yang menyatakan kemampuan untuk menangkap sinyal dengan lebih baik. Tidak hanya ada pada bagian belakang TV, beberapa merek juga menempatkan stiker di kardus kemasan. Jika pada belakang TV atau kardus terdapat stiker dengan tulisan bertuliskan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner built-in, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver, berarti TV yang kamu miliki bisa dioperasikan tanpa menggunakan Set Top Box.

2. Selain menilik stiker pada TV maupun kardus, kamu juga bisa mengetahui apakan TV yang kamu miliki mendukung siaran digital atau tidak melalui website resmi kominfo. Untuk mengetahui apakah TV yang kamu miliki sudah bisa digunakan atau belum, simak ulasan berikut.

1. Buka https://siarandigital.kominfo.go.id/ menggunakan smartphone atau laptop.

2. Klik menu perangkat TV digital di bagian atas.

3. Jika sudah, akan ada tiga kategori seperti nama perangkat, merek, dan model/tipe.

4. Pilih merek dan model TV sesuai apa yang kamu miliki.

5. Setelah muncul model TV yang kamu miliki, periksa apakah TV yang kamu miliki sudah termasuk digital atau belum.

6. Jika TV yang kamu miliki sudah mendukung siaran digital, kamu tidak perlu memakai alat tambahan Set Top Box lagi untuk menangkap sinyal.

Setelah mengetahui apakah TV yang kamu miliki sudah mendukung sinyal digital atau belum, langkah selanjutnya adalah menggunakan TV yang kamu miliki untuk menonton siaran yang ada.

Untuk menikmati siaran pada TV yang kamu miliki, bisa gunakan beberapa aplikasi seperti Hotstar, Maxstream, Mivo TV, SBO TV, dan masih banyak lagi. Jika melirik fitur dan chanel, mungkin tidak selengkap chanel di Set Top Box. Namun bagi kamu yang tidak muluk-muluk ingin menonton berbagai siaran, bisa menggunakan beberapa aplikasi tersebut.


(brl/guf)