Cara sambungkan laptop ke TV dengan dan tanpa alat, mudahkan pekerjaan

Cara sambungkan laptop ke TV dengan dan tanpa alat, mudahkan pekerjaan

Techno.id - Laptop merupakan salah satu perangkat kerja yang banyak digunakan hampir setiap orang. Pemilihan laptop sendiri tentu bukan tanpa alasan. Beberapa pertimbangan seperti desain minimalis, mudah dibawa, serta spesifikasi yang cenderung cukup mumpuni membuat laptop bisa digunakan sebagai senjata andalan. Kendati demikian, bukan berarti laptop tidak memerlukan bantuan aksesori lain selama proses penggunaannya.

Laptop tetap memerlukan bantuan barang elektronik lain salah satunya TV untuk mempermudah pekerjaan. Sebagaimana yang telah diketahui TV atau televisi merupakan perangkat yang pada dasarnya digunakan untuk menyaksikan beragam siaran di layar kacat.

Namun fungsi dari TV ternyata tidak hanya itu. Barang elektronik ini bisa dihubungkan dengan laptop. Fungsi dari menghubungkan TV ke laptop tentu saja untuk mendapat layar tambahan. Semakin banyak layar, tentu pekerjaan akan semakin mudah.

Memanfaatkan TV sebagai layar tambahan pada laptop memerlukan beberapa penyesuaian. Ada beberapa alat yang perlu disiapkan agar bisa menghubungkan laptop ke TV. Tidak hanya itu, ternyata ada juga cara yang bisa digunakan untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut tanpa memerlukan alat tambahan.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (12/10), cara sambungkan laptop ke TV dengan dan tanpa alat.

Cara sambungkan laptop ke TV menggunakan alat

Cara sambungkan laptop ke TV dengan dan tanpa alat, mudahkan pekerjaan

foto: pexels.com

Menghubungkan laptop ke TV menggunakan alat tentu kamu memerlukan bantuan kabel penghubung. Kamu bisa menggunakan beberapa kabel seperti HDMI, VGA, hingga USB Type C. Secara umum, ketiga kabel tersebut memiliki fungsi yang sama begitupun cara pakainya.

Perbedaan HDMI, VGA, dan USB Type C pada dasarnya ada di kecepatan transfer data. Semakin baru versi kabel yang digunakan, maka akan semakin lancar dan cepat juga kinerja laptop yang kamu miliki ketika dihubungkan dengan TV. Untuk mulai menghubungkan laptop ke TV menggunakan kabel, kamu bisa ikuti langkah berikut:

1. Nyalakan laptop maupun TV yang akan kamu sambungkan.
2. Sebelum memilih jenis kabel, pastikan terlebih dahulu kedua perangkat yang kamu miliki mendukung jenis kabel yang mana.
3. Hubungkan kabel HDMI, VGA, maupun USB Type C pada kedua perangkat tersebut.
4. Secara otomatis laptop yang kamu pakai akan mendeteksi adanya perangkat lain yang terhubung.
5. Setelah terhubung, kamu bisa memilih resolusi layar TV yang kamu hubungkan dengan laptop.

Cara sambungkan laptop ke TV tanpa menggunakan alat

Cara sambungkan laptop ke TV dengan dan tanpa alat, mudahkan pekerjaan

foto: pexels.com

Selain menggunakan kabel HDMI, VGA, maupun USB Type C kamu juga bisa memilih metode lain untuk menyambungkan laptop kamu dengan TV. Perlu diingat, tidak semua TV bisa dihubungkan tanpa menggunakan kabel. Kamu perlu memiliki TV yang sudah dibekali Google Chromecast.

Sesuai namanya, Google Chromecast merupakan layanan yang ada pada browser Chrome untuk kamu gunakan sebagai penghubung antara laptop dan TV. Untuk mulai menggunakan Google Chromecast, kamu bisa simak langkah berikut:

1. Download dan instal aplikasi Google Home di perangkat Android maupun iPhone.
2. Jika sudah, masuk ke aplikasi tersebut kemudian klik Start.
3. Di dalam aplikasi, kamu akan diminta untuk memasukkan akun Google. Agar lebih mudah, kamu bisa samakan akun yang ada di laptop dan yang digunakan untuk login.
4. Secara otomatis Google Home akan mulai melakukan pemindaian lokasi untuk bisa menggunakan layanan Google Chromecast. Jika ada perizinan, izinkan saja.
5. Secara otomatis Google Home akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan kode unik pada Google Chromecast yang ada di TV kamu.
6. Setelah proses verifikasi berhasil, masuk ke Google Chrome di laptop kamu kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih Cast.
7. Jika proses pengkoneksian berhasil, kamu bisa membuat konten d laptop agar ditampilkan di TV.


(brl/guf)