TikTok hadirkan fitur Shopping Center, ini cara penggunaannya

TikTok hadirkan fitur Shopping Center, ini cara penggunaannya

Techno.id - TikTok merupakan platform media sosial populer di dunia termasuk Indonesia. Walaupun sempat mengalami pemblokiran, TikTok saat ini malah semakin eksis dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Platform ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengunggah short video secara mudah. Bahkan TikTok menjadi ladang bisnis digital besar.

Semakin hari TikTok memiliki jumlah pengguna yang bertambah. Bukan tidak mungkin, platform tersebut memiliki pasar besar untuk berjualan. Terlebih pengguna TikTok didominasi para anak muda dan pekerja yang memiliki daya beli tinggi. Maka dari itu TikTok menjadi lahan untuk beriklan paling tepat saat ini selain media sosial lainnya.

TikTok menjadi platform yang memanjakan para penggunanya. Untuk urusan bisnis, pengelola akun dapat memberikan sajian video unik dan menarik sebelum menawarkan barang jualannya. Dengan begitu para penikmat TikTok mendapatkan sajian menyenangkan walaupun tujuannya adalah jualan.

Teknik soft selling menjadi senjata ampuh para pengelola bisnis online saat ini. Hal tersebut membuat TikTok mengeluarkan fitur baru yaitu Shopping Center di Indonesia. Fitur anyar tersebut diharapkan dapat membantu para penjual maupun pembeli untuk melakukan transaksi.

Lalu bagaimana dengan cara menggunakan TikTok Shopping Center? Kali ini techno.id merangkum langkah mudah menggunakan TikTok Shopping Center yang dihimpun dari berbagai sumber. Yuk simak rinciannya.

Terlebih dahulu perlu dipahami apa saja fitur di TikTok Shop. Sebenarnya TikTok Shopping Center tidak jauh berbeda dengan e-commerce lainnya. Di dalam fitur tersebut memiliki segudang toko dengan produk jualan mereka. Pengguna tinggal memilih barang apa yang diinginkan, kemudian bisa langsung melakukan transaksi dengan dompet digital pengguna.

Fitur Shopping Center ini terletak pada kolom bawah di antara tools home dan unggahan (+). Fitur tersebut menggantikan ikon kaca pembesar untuk melakukan pencarian. Sekarang untuk melakukan pencarian dipindah pada bagian kanan pojok atas. Shopping Center ditandai dengan ikon tas belanja dengan tulisan "Shop". Fitur ini sudah tersedia di TikTok versi 26.5.5.

Berikut cara menggunakan TikTok Shopping Center:

TikTok hadirkan fitur Shopping Center, ini cara penggunaannya

foto: techno.id/ Adnan

1. Silakan buka TikTok, dan ketuk ikon Shop di tools layar bagian bawah.
2. Setelah itu, pengguna bisa melakukan pemilihan barang yang ingin dibeli.
3. Apabila telah menemukan barang yang diinginkan, klik barang tersebut.
4. Pengguna bisa menambahkan barang ke troli atau langsung bisa membelinya.
5. Ketik opsi "Beli Sekarang" Untuk melakukan pembelian.
6. Silakan pilih opsi seperti Warna, Ukuran, dan detail barang lainnya.
7. Masukan alamat lengkap, nama, dan detail informasi yang dibutuhkan.
8. Klik berikutnya, dan pilih metode pembayaran. Pengguna bisa menentukan untuk melakukan pembayaran secara COD maupun transfer bank.

Di dalam fitur TikTok Shopping Center, terdapat kolom pencarian yang dapat memudahkan pengguna ketika mencari barang yang diinginkan. Kemudian pada bagian pojok kanan atas juga terdapat keranjang belanja dengan fungsi menampilkan semua produk yang siap dibeli.

TikTok hadirkan fitur Shopping Center, ini cara penggunaannya

foto: techno.id/ Adnan

Fitur e-commerce di dalam TikTok tersebut juga memiliki menu "Order" untuk melihat pesanan yang sedang berlangsung. Kemudian terdapat opsi "Voucher" untuk melihat promo apa saja yang diberikan oleh penjual. Bahkan terdapat menu Message untuk melakukan interaksi dengan penjual. Tak ketinggalan fitur History untuk melihat daftar transaksi pengguna.

Hal menarik lain di dalam TikTok Shop adalah kategorisasi. Pengguna bisa menyortir barang atau produk agar mudah dicari. Kategori yang dapat dipilih seperti Kecantikan, pakaian pria, elektronik, makanan. dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara mudah menggunakan TikTok Shopping Center dan fitur apa saja di dalamnya. Bagaimana sobat techno? Tertarik untuk berbelanja di TikTok Shopping Center? Selamat mencoba!


(brl/guf)