Cara mudah perbaiki TikTok terkena Account Warning, ini bahayanya

Cara mudah perbaiki TikTok terkena Account Warning, ini bahayanya

Techno.id - TikTok menjadi platform media sosial yang cukup populer. Aplikasi tersebut memiliki interface dengan menampilkan kumpulan short video unggahan pengguna dari seluruh dunia. TikTok juga menjadi media informasi terkini maupun hal viral dari banyak wilayah. Bahkan TikTok menjadi media promosi besar saat karena semakin bertambahnya pengguna.

TikTok memiliki segudang fitur menarik terutama dalam editing video. Pengguna TikTok dapat melakukan penyuntingan video langsung di dalam aplikasi. Selain itu, TikTok menawarkan fitur live agar interaksi antar pengguna semakin bertambah.

Namun sayangnya akhir-akhir ini banyak keluhan yang dilayangkan untuk developer TikTok. Hal tersebut ditengarai banyaknya akun kreator konten terkena "Account Warning". Peringatan tersebut cukup mengganggu pemilik akun, dan tentu berpotensi akun akan terhapus oleh sistem.

Di dalam platform Twitter, banyak akun melayangkan surat atau laporan terbuka karena masalah tersebut. Sebut saja akun Twitter @TahirRa36847789, ia memberikan informasi bahwa akun TikToknya terkena Account Warning. Bahkan ia mengungkapkan tidak dapat memahami peraturan komunitas atau community guidelines dari TikTok.

Cara mudah perbaiki TikTok terkena Account Warning, ini bahayanya

foto: Twitter/ @TahirRa36847789

Selain Tahir, ada beberapa pengguna lain yang mengeluhkan peringatan dari sistem TikTok tersebut. Bahkan terdapat akun yang telah mendapatkan viewers banyak dari konten originalnya, terpaksa di take down karena masalah tersebut.

Dilansir dari akun Twitter @FlowerBoyShaun, ia mengungkapkan bahwa videonya telah di take down, dan pemilik akun tersebut menganggap bahwa hal tersebut merupakan kesalahan. Karena ia menilai karyanya merupakan sebuah ide konten sendiri.

Cara mudah perbaiki TikTok terkena Account Warning, ini bahayanya

foto: Twitter/ @FlowerBoyShaun

Dari beberapa keluhan pengguna di atas, tentu membuat banyak pemilik akun merasa kebingungan, kenapa hal tersebut bisa terjadi. Bahkan banyak pengguna tidak memahami secara gamblang, community guidelines seperti apa yang diinginkan oleh TikTok.

Oleh karena itu, techno.id berusaha memberikan cara mudah mengatasi TikTok terkena Account Warning yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (20/10).

Sebelum masuk ke cara yang bisa dilakukan, terlebih dahulu perlu diketahui apa penyebab dari peringatan Account Warning itu muncul. Melansir dari beberapa sumber, bahwa penyebab dari masalah tersebut adalah pengguna melakukan kesalahan atau pelanggaran pada panduan komunitas TikTok. Secara tidak sengaja maupun sengaja, pemilik akun telah melanggar Community Guidelines TikTok karena konten unggahannya.

Sebagai contoh, pengguna mengunggah konten yang berbau kekerasan. Tentu video dengan tema kekerasan, perundungan, atau hal negatif lain tidak dapat dibenarkan di TikTok.

Akibatnya sistem keamanan TikTok akan membaca dan memberikan peringatan Account Warning. Peringatan tersebut memberikan dampak seperti pengguna tidak dapat mengunggah video selama kurun waktu tertentu, video di take down, hingga akun secara tiba-tiba menghilang. Tentu hal tersebut sangat tidak diinginkan bukan. Karena dampaknya akan langsung terasa seperti mengalami view yang turun hingga kehilangan pekerjaan karena akun hilang.

Beberapa kasus yang terjadi, sistem keamanan tersebut mengalami masalah. Karena ada sebagian akun yang tidak melanggar bahkan memiliki followers kurang dari seribu, mendapatkan warning tersebut. Oleh karena itu, pengguna perlu melakukan beberapa cara berikut ini agar masalah Account Warning dapat teratasi.

1. Tunggu beberapa waktu.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menunggu agar peringatan tersebut hilang dengan sendirinya. Akan tetapi perlu dicatat, bahwa jangka waktu untuk masalah Account Warning tidak bisa diperkirakan. Ada yang hanya beberapa hari, namun kebanyakan memakan waktu berbulan-bulan.

Seperti halnya yang telah dialami oleh pemilik akun Twitter @gideontulus. Ia diberikan peringatan Account Warning sejak Juni 2022. Namun masalah tersebut hilang setelah kurang lebih 4 bulan menunggu.

Cara mudah perbaiki TikTok terkena Account Warning, ini bahayanya

foto: Twitter/ @gideontulus

Selain menunggu, pengguna disarankan untuk tidak mengunggah konten yang berpotensi melanggar panduan komunitas TikTok. Apabila pengguna melakukan kesalahan secara terus menerus alias ngeyel, bukan tidak mungkin akun akan dibanned permanen.

2. Hubungi Customer Service.

Cara mudah perbaiki TikTok terkena Account Warning, ini bahayanya

foto: tiktok.com

Apabila pengguna tidak merasa puas dengan adanya masalah tersebut, dan menganggap bahwa peringatan yang diberikan merupakan kesalahan, maka pengguna bisa melakukan komplain ke CS TikTok. Pada laman pelaporan TikTok, pengguna akan diberikan sebuah form untuk mengisikan masalah dari akun pengguna.

Silakan isikan form dengan benar, dan isikan keluhan pengguna secara jelas dan singkat. Setelah laporan dikirim, tunggu beberapa hari untuk pihak dari developer melakukan pengecekan dan memberikan balasan. Apabila kedapatan masalah tersebut merupakan kesalahan dari sistem, maka secara otomatis peringatan Account Warning akan hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa hal mengenai peringatan Account Warning di aplikasi TikTok. Dengan adanya peringatan tersebut, pengguna diberikan batasan untuk dapat menghadirkan tayangan secara bijak di dalam TikTok. Selamat mencoba!

(brl/guf)