Smartphone Android kamu mulai melambat? Coba hapus cache aplikasi untuk mengatasinya

Smartphone Android kamu mulai melambat? Coba hapus cache aplikasi untuk mengatasinya

Techno.id - Jika ponsel Android kamu melambat seiring waktu, mungkin sudah waktunya untuk menghapus cache ponsel. Meskipun tidak ada perbaikan sekali ketuk untuk menghapus cache ponsel cerdas, yang dapat kamu lakukan adalah menghapus cache dari masing-masing aplikasi yang kamu gunakan secara teratur.

Seiring waktu, cache di dalam aplikasi dapat bertambah sehingga menghabiskan penyimpanan ponsel. Gagasan di balik cache aplikasi pada dasarnya adalah untuk menyimpan data jangka pendek, elemen yang diandalkan aplikasi untuk memastikan aplikasi berjalan dengan lancar, tetapi dapat menumpuk seiring waktu.

Jadi jika kamu merasa ponsel Android terasa lamban, mengosongkan cache aplikasi bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mempercepatnya kembali. Berikut cara menghapus cache aplikasi di ponsel Android.

Smartphone Android kamu mulai melambat? Coba hapus cache aplikasi untuk mengatasinya foto: freepik/katemangostar

1. Buka aplikasi Pengaturan

Langkah pertama dalam menghapus cache aplikasi di ponsel adalah membuka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk aplikasi

Dari pengaturan, gulir ke bawah daftar ke menu Aplikasi-biasanya cukup dekat dengan bagian bawah menu utama aplikasi Pengaturan tergantung pada perangkat lunak. Kamu juga dapat mengetuk ikon Pencarian di aplikasi Pengaturan untuk mencari menu Aplikasi secara langsung.

3. Ketuk aplikasi yang cache-nya ingin kamu hapus

Gulir daftar aplikasi yang diinstal dan ketuk aplikasi yang cache-nya ingin kamu hapus. Ini bisa untuk memperbaiki masalah di aplikasi atau sekadar mengosongkan sebagian ruang di aplikasi yang tidak sering kamu gunakan.

4. Ketuk penyimpanan

Di dalam menu pengaturan aplikasi, gulir ke bawah dan ketuk Penyimpanan.

5. Ketuk kosongkan cache

Pada menu penyimpanan kamu akan melihat berapa banyak penyimpanan, cache, dan data yang digunakan aplikasi tersebut. Untuk menghapus cache aplikasi, ketuk tombol Hapus di kanan bawah. Ini adalah proses yang hampir instan dan meskipun kamu tidak akan mendapatkan pop-up konfirmasi, jika data cache turun menjadi 0 byte, pekerjaan selesai. Kamu dapat mengulangi proses ini dengan aplikasi sebanyak yang diinginkan. Cukup kembali ke menu aplikasi utama.

(brl/red)