5 Jenis aplikasi Android yang wajib kamu hentikan penggunaannya sekarang, bisa menguras baterai

5 Jenis aplikasi Android yang wajib kamu hentikan penggunaannya sekarang, bisa menguras baterai

Techno.id - Pengurasan baterai dan kinerja UI yang lambat adalah masalah terbesar yang dihadapi pada ponsel cerdas Android. Karena itu banyak orang cenderung memasang aplikasi penghemat baterai dan pembersih sistem.

Kamu akan menemukan ribuan aplikasi di Play Store yang mengklaim dapat meningkatkan baterai dan kinerja ponsel cerdas. Lantas, apakah aplikasi tersebut benar-benar berfungsi?

Berbagai jenis aplikasi tersebut berguna 4 sampai 5 tahun lalu ketika Android menjalankan KitKat sebagai OS terbarunya. Saat itu, Android tidak pandai mengelola sistemnya secara efisien. Kini sistemAndroid jauh lebih pintar.

Aplikasi-aplikasi penghemat baterai dan pembersih sistem sekarang hanya akan menimbulkan masalah dan membuat sistem tidak stabil. Aplikasi-aplikasi tersebut mungkin sangat membantu di masa lalu, tetapi sekarang tinggal sejarah dan tidak berguna, serta membuat sistem menjadi tidak stabil. Berikut adalah 5 jenis aplikasi Android yang harus kamu hindari atau hentikan penggunaannya di perangkat.

1. Aplikasi penghemat baterai

5 Jenis aplikasi Android yang wajib kamu hentikan penggunaannya sekarang, bisa menguras baterai foto: unsplash/amanz

Tidak ada aplikasi penghemat baterai yang tersedia di Google Play Store yang bagus. Sebab, aplikasi penghemat baterai hanya akan lebih menguras baterai ponsel cerdas kamu dengan berjalan di latar belakang. Selain itu, aplikasi tersebut akan menghabiskan RAM dan membuat sistem jauh lebih lambat terutama jika kamu menjalankan prosesor kelas bawah.

Aplikasi penghemat baterai mulai mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mencegah konsumsi baterai. Tetapi, tidak ada gunanya. Karena aplikasi akan tetap terbuka kembali secara otomatis. Satu-satunya cara untuk meningkatkan masa pakai baterai adalah dengan mengurangi permintaan energi OS Android dan semua aplikasi serta layanan yang berjalan di latar belakang. Cara ini tidak mungkin terutama jika kamu tidak memiliki pengetahuan teknis tentang cara kerja sistem Android. Plus itu akan membutuhkan akses root.

Cara untuk meningkatkan masa pakai, solusinya menghapus penghemat baterai dan menyimpan aplikasi yang benar-benar kamu gunakan. Copot pemasangan aplikasi yang tidak kamu perlukan sehingga akan menghemat masa pakai baterai ekstra.

2. Aplikasi pembersih RAM

5 Jenis aplikasi Android yang wajib kamu hentikan penggunaannya sekarang, bisa menguras baterai foto: freepik/rawpixel.com

Seperti penghemat baterai, aplikasi ini juga tidak berguna. Aplikasi ini tidak hanya menghabiskan RAM dengan berjalan di latar belakang tetapi juga memengaruhi masa pakai baterai. Aplikasi pembersih RAM secara paksa akan menghentikan aplikasi dan layanan di latar belakang yang akan dibuka kembali lagi.

Ini menghabiskan RAM serta baterai dan membuat OS tidak stabil. Jika kamu adalah pengguna yang suka melakukan banyak tugas, maka harus segera mencopot pemasangan aplikasi jenis ini. Android efisien dalam mengelola dirinya sendiri dan mengetahui aplikasi dan layanan apa yang harus dijalankan di latar belakang.

3. Aplikasi pembersih

5 Jenis aplikasi Android yang wajib kamu hentikan penggunaannya sekarang, bisa menguras baterai foto: freepik/rawpixel.com

Aplikasi pembersih adalah satu-satunya jenis aplikasi yang berfungsi. Namun, kamu harus membuat pilihan dengan benar. Aplikasi pembersih seperti Clean Master menawarkan lebih banyak fitur yang tidak berguna selain pembersihan. Belum lagi iklan yang dapat meningkatkan penggunaan data kamu tanpa peringatan.

Aplikasi yang lebih bersih dimaksudkan untuk membersihkan cache. Ini bisa bermanfaat jika dilakukan sebulan sekali tetapi dan jangan terlalu sering. Misalnya, kamu memiliki banyak koleksi gambar di Google Foto. Semuanya didukung di cloud. Sekarang buka aplikasi dan gulir ke bawah. Kamu akan menemukan bahwa gambar akan dimuat. Setelah foto dimuat, tutup aplikasi. Buka lagi dan gulir ke bawah. Kali ini gambar akan dimuat secara instan. Ini karena cache yang pada dasarnya adalah memori tambahan yang memungkinkan pengambilan data berkecepatan tinggi.

Sekarang, buka kembali aplikasi dan gulir ke bawah tetapi kali ini kosongkan cache terlebih dahulu menggunakan aplikasi pembersih. Gambar akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dimuat.

Di atas adalah contoh yang terkait dengan Google Foto, tetapi sebenarnya, setiap aplikasi memiliki beberapa memori cache khusus yang melaluinya data dapat diakses dengan kecepatan tinggi. CCleaner adalah aplikasi terbaik untuk membersihkan cache yang tersedia di Google Play Store. Ini gratis dan menyelesaikan pekerjaan dengan rapi.

4. Aplikasi antivirus

5 Jenis aplikasi Android yang wajib kamu hentikan penggunaannya sekarang, bisa menguras baterai foto: freepik

Tidak seperti PC, perangkat Android jauh lebih aman dan terjamin. Aplikasi antivirus tidak berguna karena umumnya diunduh dari Play Store, tempat yang sepenuhnya aman untuk mengunduh aplikasi.

Aplikasi antivirus hanya berguna jika seseorang sering mengunduh aplikasi dari tautan eksternal selain Google Play Store. Oleh karena itu, aplikasi antivirus hanya akan diam di laci aplikasi, berjalan di latar belakang menghabiskan RAM dan baterai.

5. Bloatware

5 Jenis aplikasi Android yang wajib kamu hentikan penggunaannya sekarang, bisa menguras baterai foto: play.google.com

Sekarang, aplikasi ini bisa dari berbagai jenis dan tidak semuanya bisa di-uninstall. Namun, aplikasi ini dapat dinonaktifkan. Buka Pengaturan lalu pilih Aplikasi dan klik 3 titik, pilih Tampilkan Sistem lalu aplikasi Bloatware kemudian nonaktifkan atau copot pemasangan.

Menonaktifkan aplikasi ini akan mencegahnya menghabiskan baterai dan RAM. Berikut cara menghilangkan bloatware atau aplikasi sistem yang tidak berguna di Android.

(brl/red)