Cara menghapus data penjelajahan Google Chrome dengan mudah dan cepat

Cara menghapus data penjelajahan Google Chrome dengan mudah dan cepat

Techno.id - Sudah bukan rahasia lagi jika Google Chrome menjadi salah satu mesin peramban yang cukup popular untuk berselancar di internet. Peramban web lintas platform yang dikembangkan Google ini memiliki sejumlah fitur yang mumpuni seperti pemblokiran malware, bookmark, mode gelap, ekstensi, sikronisasi aku Google, dan masih banyak lagi.

Karena itu nggak heran jika peramban ini banyak digunakan. Apalagi peramban ini tidak hanya bisa digunakan di desktop, tapi juga di tablet maupun smartphone.

Secara tampilan antar muka, Google Chrome juga cukup simple, sehingga pengguna tidak akan terganggu dengan detail-detail lain yang tidak penting. Terlebih, Google Chrome juga menawarkan tema yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Meski begitu, Google Chrome juga memiliki kekurangan, salah satunya dikenal sebagai peramban yang membutuhkan RAM cukup besar. Selain itu, Google Chrome juga memiliki masalah privasi bagi pengguna. Artinya, aktivitas pencarian yang biasa dilakukan pengguna dapat menggambarkan gambaran detail mengenai data pribadi pengguna.

Salah satu data tersebut adalah riwayat penelusuran. Kendati hal ini tidak terlalu merugikan pengguna, namun beberapa dari mereka merasa tidak nyaman. Karena itu banyak dari pengguna yang merasa harus menghapus riwayat penelusuran (history). Berikut cara menghapus history di Google Chrome dengan mudah dan cepat untuk berbagai perangkat dan sistem operasi yang dirangkum Techno.id dari berbagai sumber, Kamis (16/2/2023).

1. Menghapus history Google Chrome dari desktop dan laptop

1. Buka Google Chrome

2. Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas

3. Klik riwayat (history)

4. Kemudian pilih hapus data browsing

5. Pilih rentang waktu data yang ingin dihapus. Kamu juga bisa memilih data yang ingin dihapus selain history penjelajahan seperti cookie, data situs, gambar, dan file dalam cache, kemudian pilih hapus data.

6. Jika kamu ingin menghapus semua data penjelajahan, pilih clear browsing data.

2. Menghapus history Google Chrome di ponsel

1. Buka aplikasi Google Chrome

2. Klik titik tiga di bagian sudut kanan atas

3. Pilih history kemudian klik Hapus data penjelajahan

4. Setelah itu ada pilihan Dasar atau Lanjutan

5. Jika memilih Dasar kamu tinggal centang data yang ingin dihapus seperti histori penjelajahan, cookies dan data situs, serta gambar dan file dalam cache

6. Jika memilih "Lanjutan", kamu tinggal centang data yang ingin dihapus. Kamu juga bisa memilih rentang waktu yang ingin dihapus atau memilih semua untuk menghapus seluruh data penjelajahan

7. Setelah memilih data yang ingin dihapus, kamu tinggal klik hapus

3. Menghapus history Google Chrome di iOS

1. Buka aplikasi Google Chrome di iPhone atau iPad

2. Klik titik tiga yang ada history di bagian kanan atas

3. Pilih hapus data penjelajahan

4. Centang history browsing

5. Pilih hapus data penjelajahan sesuai dengan yang kamu inginkan

Magang : Zadun Naja

(brl/red)