Cara memindahkan beberapa aplikasi iPhone, biar terlihat rapi dan mudah diakses

Cara memindahkan beberapa aplikasi iPhone, biar terlihat rapi dan mudah diakses

Techno.id - Sejak iOS 16 resmi meluncur di seluruh dunia, termasuk Indonesia, sejumlah pembaruan pada sistem operasi ini selalu mendapat perhatian para penggemar gadget besutan Apple ini. Apalagi setelah raksasa teknologi asal Los Altos, California ini menghadirkan iOS 16.3.1 serta iPadOS 16.3.1 yang merupakan pembaru dari versi sebelumnya.

Tentu saja pembaruan ini membuat pengguna semakin nyaman berselancar dengan perangkat mereka. Salah satu dampaknya, semakin banyak aplikasi yang diinstal pada perangkat sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Namun semakin banyak diinstal, bisa dipastikan pada layar utama (homescreen) akan semakin banyak shortcut aplikasiagar bisa diakses secara real-time. Akibatnya, layar utama tampak kurang rapi.

Nah kalau sudah begini, nggak ada salahnya kamu mengatur tata letak aplikasi tersebut agar terlihat lebih rapi dan elegan. Selain itu cara ini juga akan memudahkan kamu membuka aplikasi yang diinginkan. Kamu juga bisa mengelompokkan aplikasi berdasarkan jenisnya.

Misalnya aplikasi games yang tersebar di beranda layar bisa dimasukkan dalam satu folder. Pun dengan aplikasi lain sesuai kelompoknya. Nah berikut cara memindahkan beberapa aplikasi di iPhone dan kamu dapat mengubah tata letak layar utama termasuk memindahkan aplikasi dan widget atau seret ke halaman layar utama lainnya yang berhasil dirangkum Techno.id.

Cara memindahkan beberapa aplikasi di iPhone

Cara memindahkan beberapa aplikasi iPhone, biar terlihat rapi dan mudahdiakses (Foto : Unsplash/Omid Armin)

1. Sentuh dan tahan aplikasi atau widget apapun di layar utama, lalu ketuk edit layar utama. Aplikasi akan mulai bergoyang.

2. Seret aplikasi ke salah satu lokasi. Bisa di lokasi lain di halamanyang sama atau di halamanlayar utama lain.

3. Seret aplikasi atau widget ke tepi kanan layar. Perlu beberapa detik agar halaman baru muncul. Titik di atas Dock akan menampilkan jumlah halaman yang kamu miliki dan layar mana yang sedang kamu lihat. Aplikasi yang bergoyang di layar utama dengan panah menampilkan satu aplikasi sedang diseret ke halaman berikutnya.

4. Setelah selesai, tekan tombol utama (di iPhone dengan tombol utama) atau ketuk selesai (di model iPhone lainnya).

Cara mengatur ulang Layar Utama dan aplikasi ke tata letak asal

Cara memindahkan beberapa aplikasi iPhone, biar terlihat rapi dan mudahdiakses (Foto: Apple.com)

1. Buka Pengaturan >Umum >Transfer atau Atur Ulang iPhone.

2. Ketuk Atur Ulang, ketuk Atur Ulang Susunan Layar Utama, lalu ketuk Atur Ulang Layar Utama.

3. Folder apa pun yang telah kamu buat akan dihapus, dan aplikasi yang telah kamu unduh akan disusun sesuai abjad setelah aplikasi yang disertakan bersama iPhone kamu.

Magang: Zadun Naja

(brl/red)