Mengetahui penyebab komputer Windows membeku dan cara mengatasinya

Mengetahui penyebab komputer Windows membeku dan cara mengatasinya

Cara mengatasi komputer membeku

Periksa sistem pendingin

Mengetahui penyebab komputer Windows membeku dan cara mengatasinya foto: freepik/andriistock

Beberapa komponen di PC atau laptop sangat sensitif terhadap panas, seperti drive penyimpanan, prosesor, dan GPU, sehingga PC desktop dan notebook dilengkapi dengan kipas pendingin yang meningkatkan ventilasi dan menjaga suhu secara keseluruhan.

Namun, jika kipas tidak bekerja dengan benar karena ventilasi udara yang tersumbat atau kerusakan perangkat keras, kenaikan suhu sekitar dapat memengaruhi kinerja sistem komputer kamu. Karena itu periksa sistem pendingin.

1. Matikan PC kamu, cabut steker dari sumber listrik dan lepaskan panel eksternal.

2. Bersihkan debu dan kotoran yang menumpuk di kipas dan kisi-kisi udara.

3. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan motherboard, driver penyimpanan, dan kipas pendingin internal. Kamu juga bisa menggunakan pembersih khusus yang biasanya dikemas dalam kaleng bertekanan.

4. Untuk mengatasi panas berlebih pada laptop, matikan komputer, buka panel bawah, jika bisa, dan bersihkan semua kotoran yang dapat menghentikan aliran udara. Jika tidak, cobalah meniup ventilasi.

Periksa komputer dari infeksi malware

Mengetahui penyebab komputer Windows membeku dan cara mengatasinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Malware adalah istilah umum yang mencakup berbagai perangkat lunak berbahaya yang dapat masuk ke PC melalui beberapa cara, termasuk lampiran email, unduhan yang terinfeksi, situs web berbahaya, dan lain sebagainya.

Begitu masuk, malware mulai mengacaukan operasi reguler sistem computer kamu dengan memulai beberapa proses di latar belakang, menghabiskan sejumlah besar CPU dan bandwidth memori yang tersedia, dan membekukan atau bahkan merusak sistem.

Jika kamu sudah memiliki aplikasi anti-virus, jalankan pemindaian lengkap dan periksa apakah aplikasi tersebut mendeteksi keberadaan malware. Jika terdeteksi adanya virus, hapuslah segera. Kamu juga bisa melakukan pemindaian lengkap menggunakan Windows Defender, alat keamanan bawaan Windows.

1. Ketik Windows Security di bilah pencarian.

2. Pilih Open Windows Security pada layar berikut.

3. Pilih Perlindungan virus dan ancaman dan tekan opsi Pindai.

4. Kemudian pilih Microsoft Defender Offline Scan dari opsi yang tersedia dan klik Scan Now.

5. Setelah pemindaian selesai, Windows Defender akan menghapus file berbahaya dan memulai ulang PC kamu.

(brl/red)