Cara memperbarui driver kartu grafis Nvidia, bisa gunakan GeForce Experience atau manual

Cara memperbarui driver kartu grafis Nvidia, bisa gunakan GeForce Experience atau manual

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika berbicara komputer gaming, tidak akan terlepas dari kartu grafis Nvidia di dalamnya. Maklum kartu grafis ini sangat mumpuni untuk mendukung game-game kelas triple A yang menyajikan grafis berkualitas tinggi, terkadang ekstrem.

Karena itu untuk mengimbangi inovasi game, kartu grafis Nvidia perlu diperbarui secara teratur. Apalagi Nvidia sudah merilis driver Game Ready baru secara teratur bertepatan dengan rilis game-game besar, serta secara berkala menyegarkan dan menyesuaikan fungsionalitas kartunya. Berikut cara memperbarui kartu grafis Nvidia.

Memperbarui driver dengan GeForce Experience

Cara memperbarui driver kartu grafis Nvidia, bisa gunakan GeForce Experience atau manual foto: tangkapan layar/nvidia

Jika kamu tidak hanya ingin memperbarui driver kartu grafis Nvidia, tetapi juga mengikuti perkembangan terbaru setiap kali ada pembaruan, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan GeForce Experience.

GeForce Experience adalah utilitas perangkat lunak gratis yang sudah terinstal di PC rakitan dengan kartu grafis Nvidia GeForce. Kamu juga bisa mengunduhnya dari situs web Nvidia jika memasang sendiri kartu grafis.

Kapan pun ada pembaruan driver baru, GeForce Experience akan membuat pop-up kecil di kanan bawah layar yang dapat kamu klik untuk membukanya. Jika kamu melewatkan pop-up tersebut, maka kamu dapat membuka utilitasnya sendiri.

Cara memperbarui driver kartu grafis Nvidia, bisa gunakan GeForce Experience atau manual foto: nvidia

1. Klik kanan pada ikon Nvidia di toolbar di bagian kanan bawah layar. Kamu mungkin perlu mengeklik tanda panah untuk menampilkan ikon tersembunyi.

2. Klik Nvidia GeForce Experience.

3. Klik tab Drivers di kiri atas.

4. Jika driver tersedia, klik tombol Download berwarna hijau.

5. Setelah driver selesai diunduh, klik tombol hijau Express Installation.

6. Biarkan driver baru diinstal. Layar kamu mungkin akan menjadi gelap sekali atau dua kali selama proses ini.

7. Setelah penginstalan selesai, kamu dapat menutup GeForce Experience.

Jika ingin mengutak-atik instalasi driver, kamu dapat mengklik tombol Custom Installation untuk mengubah komponen mana yang diinstal. Namun secara umum, Instalasi Ekspres adalah pilihan terbaik.

(brl/red)