Mengenal cache di perangkat Android, bagaimana cara kerja dan mengapa kamu harus menghapusnya

Mengenal cache di perangkat Android, bagaimana cara kerja dan mengapa kamu harus menghapusnya

Techno.id - Jika kamu mulai memperhatikan bahwa ponsel Android kamu mengalami masalah dengan kinerja, atau aplikasi tertentu tidak berfungsi sebagaimana mestinya, penyebabnya bisa jadi adalah cache. Komponen ponsel cerdas kamu yang tampaknya kecil ini memainkan peran penting dalam pengoperasiannya.

Cache dirancang untuk menyimpan data sementara, membantu perangkat mengakses informasi yang sering digunakan dengan cepat dan efisien, sehingga meningkatkan pengalaman kamu secara keseluruhan.

Namun, seperti sistem penyimpanan lainnya, cache dapat menjadi berantakan seiring waktu. Kekacauan ini tidak hanya menghabiskan ruang yang berharga, tetapi juga dapat memperlambat ponsel, yang menyebabkan penundaan dan kegagalan fungsi aplikasi yang membuat frustrasi.

Membersihkan cache mirip dengan detoksifikasi digital untuk ponsel cerdas. Opsi ini dapat menyelesaikan masalah, mengosongkan ruang, dan memulihkan kecepatan dan daya tanggap perangkat. Ada beberapa alasan mengapa pembersihan cache secara teratur bermanfaat. Namun sebelum kamu menghapus cache di ponsel Android, sebaiknya kamu mengenali dulu apa itu cache dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu cache?

Mengenal cache di perangkat Android, bagaimana cara kerja dan mengapa kamu harus menghapusnya foto: freepik

Cache di ponsel Android adalah bentuk khusus penyimpanan sementara yang penting untuk mempercepat akses ke data dari aplikasi dan situs web. Cache biasanya terdiri dafi dua jenis, cache aplikasi dan cache sistem. Cache aplikasi khusus untuk setiap aplikasi, menyimpan hal-hal seperti gambar atau profil untuk memuatnya dengan cepat pada kunjungan berikutnya. Sementara cache sistem, dikelola oleh sistem operasi Android untuk menangani proses tingkat sistem. Saat kamu meluncurkan aplikasi, maka aplikasi akan memeriksa cache untuk data yang diperlukan. Jika ditemukan dan diperbarui, akan mempercepat proses pemuatan.

Meskipun cache yang dikelola dengan baik meningkatkan waktu respons aplikasi dan mengurangi penggunaan data, cache yang kelebihan beban atau rusak dapat menyebabkan kinerja yang lebih lambat dan aplikasi bisa mogok.

Dalam istilah yang lebih sederhana, anggap cache sebagai bank memori untuk ponsel, menyimpan sedikit informasi dari aplikasi dan situs web. Sistem data sementara ini sangat penting dalam meningkatkan kecepatan pemuatan ponsel dan aplikasinya. Untungnya, kamu dapat menghapus cache secara manual untuk berpotensi memperbaiki masalah kinerja atau mengosongkan ruang.

Begini cara kerja cache

Mengenal cache di perangkat Android, bagaimana cara kerja dan mengapa kamu harus menghapusnya foto: freepik/creativeart

Sistem cache di ponsel Android dirancang untuk menyimpan informasi tertentu, seperti gambar atau data situs web, sehingga saat kamu kembali ke situs atau aplikasi yang sama nanti, ponsel dapat dengan cepat mengambil informasi tersebut dari cache-nya daripada harus mengunduhnya lagi.

Jika beberapa aset di situs atau aplikasi jarang berubah, aset tersebut dapat dimuat begitu saja dari cache, yang membuat pembukaan aplikasi atau situs jauh lebih cepat daripada menggunakan sinyal selular kamu untuk mengunduh semuanya dari awal.

Cache dapat digunakan untuk segala macam hal. Jika kamu sering mendengarkan daftar putar Spotify lama yang sama, misalnya, daftar putar tersebut mungkin di-cache untuk memastikan kamu dapat langsung kembali di lain waktu.

Opsi ini membantu pemutaran dan mencegah kelambatan. File cache unik untuk aplikasi tertentu di ponsel kamu, dan tidak dibagikan di berbagai aplikasi. Situs, aplikasi, dan game yang berbeda semuanya akan menggunakan file cache untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan memastikan ponsel berjalan dengan lancar.

Namun ini dapat memiliki beberapa efek lain pada perangkat. Jika kamu memiliki banyak aplikasi berbeda yang diinstal, dan masing-masing menyimpan data dalam cache, maka ini dapat menyebabkan ruang penyimpanan ponsel kamu penuh.

Kamu dapat menghapus cache secara manual untuk masing-masing aplikasi, jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi tertentu. Namun, hal itu dapat memperlambat aplikasi saat kamu menggunakannya lagi hingga data tertentu disimpan dalam cache lagi.

Cara menghapus cache di ponsel Android

Mengenal cache di perangkat Android, bagaimana cara kerja dan mengapa kamu harus menghapusnya foto: freepik/rawpixel.com

Jika kamu mengalami masalah dengan ponsel yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan mematikan dan menghidupkannya kembali, menghapus cache mungkin menjadi salah satu pilihan. Untuk menghapus cache, kamu harus melakukannya berdasarkan aplikasi per aplikasi. Berikut cara menghapus cache.

1. Buka ponsel dan navigasikan ke Pengaturan.

2. Gulir ke bawah melalui daftar pengaturan dan pilih opsi Penyimpanan.

3. Cari melalui daftar Aplikasi.

4. Ketuk aplikasi yang ingin kamu perbaiki.

5. Ketuk tombol bertanda Kosongkan cache.

(brl/red)