Jika baterai iPhone kamu cepat habis, berikut 5 cara yang membuatnya awet dan tahan lama

Jika baterai iPhone kamu cepat habis, berikut 5 cara yang membuatnya awet dan tahan lama

Techno.id - Pemilik perangkat Apple sangat menyukai ponsel mereka. Tetapi jika bertanya kepada para pengguna iPhone, apa yang ingin mereka tingkatkan, sebagian besar menjawab daya tahan baterai yang lebih lama.

Masalah daya tahan baterai, khususnya iPhone memang menjadi perhatian pengguna. Maklum, semakin canggih sebuah perangkat, maka akan semakin membutuhkan konsumsi daya yang cukup besar. Berikut adalah beberapa tips agar iPhone kamu bisa bertahan sepanjang hari dan lebih lama.

1. Utamakan menggunakan mode daya rendah

Jika baterai iPhone kamu cepat habis, berikut 5 cara yang membuatnya awet dan tahan lama foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ketika kamu mengaktifkan fitur Daya Rendah, iPhone akan melakukan beberapa langkah, sebagian besar mengurangi waktu layar dihidupkan dan mengurangi aktivitas latar belakang. Saat kamu mengaktifkan mode Daya Rendah, ikon baterai di bagian atas layar berubah menjadi kuning dan akan tetap seperti itu hingga kamu mematikannya.

Jika kamu juga ingin melihat persentase baterai, buka menu Pengaturan dan buka Baterai. Terdapat sakelar untuk menampilkan persentase di bilah notifikasi.

2. Memeriksa aplikasi apa yang paling banyak menguras daya

Jika baterai iPhone kamu cepat habis, berikut 5 cara yang membuatnya awet dan tahan lama foto: freepik

Kamu akan melihat bahwa mode Daya Rendah berfokus pada dua tujuan utama, yaitu menjaga layar tetap mati dan membatasi apa yang terjadi di latar belakang. Jika kamu menggunakan layar hanya jika diperlukan dan memastikan iPhone hanya menghabiskan daya untuk tugas yang sedang dikerjakan, kamu bisa mendapatkan daya tahan baterai semaksimal mungkin.

Langkah kedua adalah memeriksa aplikasi. Bisa saja ada beberapa aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai tanpa sepengetahuan kamu.

Di bawah menu Baterai di aplikasi Pengaturan, kamu dapat menggulir ke daftar aplikasi di bagian bawah. Ini adalah semua aplikasi yang menyedot daya selama 24 jam terakhir atau 10 hari terakhir. Ada tombol di bagian atas daftar untuk mengubah kerangka waktu. Ini akan membantu kamu menemukan penyebabnya jika ada aplikasi yang menyedot daya hingga habis.

3. Jika membutuhkan beberapa jam ekstra baterai, ini yang perlu kamu lakukan

Jika baterai iPhone kamu cepat habis, berikut 5 cara yang membuatnya awet dan tahan lama foto: freepik

Jika kamu membutuhkan beberapa jam ekstra, pertama-tama aktifkan Mode Daya Rendah. Jika khawatir melewatkan sesuatu yang penting, kamu juga dapat mengaktifkan fitur Jangan Ganggu. Ini akan membatasi notifikasi yang masuk ke aplikasi dan orang yang kamu pilih.

Manfaatnya adalah notifikasi sering kali menerangi layar. Atau meminta kamu untuk menyalakan layar dan memeriksa pesan-pesan yang masuk. Sembilan dari 10 kali kamu tahu bahwa itu adalah pemberitahuan Facebook yang tidak berguna, kamu bisa abaikan selama beberapa jam. Sembilan kali tersebut juga menghabiskan baterai saat kamu menyalakan layar.

Untuk mengaktifkan Jangan Ganggu dan memilih apa saja yang akan memberi tahu kamu, buka menu Pengaturan dan pilih Fokus. Pertama-tama pilihlah Orang dan Aplikasi yang masih dapat mengganggu kamu. Kemudian gulir ke bawah ke Filter Fokus.

Filter Fokus memungkinkan kamu mengatur lebih banyak batasan untuk pesan, kalender, dan bahkan peramban Safari. Kamu juga dapat secara otomatis mengaktifkan mode hemat daya seperti Mode Daya Rendah, atau mematikan Tampilan Selalu Aktif untuk penghematan lebih banyak lagi.

(brl/red)