Gmail saat ini memiliki fitur centang biru, pastikan pengguna autentik

 Gmail saat ini memiliki fitur centang biru, pastikan pengguna autentik

Techno.id - Gmail tampaknya mengikuti langkah beberapa media sosial lain dalam penggunaan tanda verified checkmarks (centang biru). Pembaruan ini akan menambahkan tanda verified di sebelah nama pengirim.

Fungsi tanda ini adalah menjadi cara bagi pengirim pesan untuk memverifikasi keasliannya. Verified checkmarks sendiri sebelumnya sudah digunakan beberapa media sosial lain seperti Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Fitur ini dibuat sebagai cara pengguna untuk mengenali email yang dikirimkan. Menurut workspaceupdates.googleblog, fitur ini akan membantu pengguna mengidentifikasi email yang berasal dari sumber terpercaya.

Google berharap fitur ini mampu menghadirkan ekosistem email yang lebih baik. Menurut Google, fitur ini menjadi penting karena akan membantu pengguna dan juga sistem keamanan email untuk mengenali dan juga menghentikan spam.

Google menganggap bahwa hal tersebut mampu meningkatkan kepercayaan pada pengirim email dan memberikan pembaca pengalaman yang lebih imersif.

 Gmail saat ini memiliki fitur centang biru, pastikan pengguna autentik foto: workspaceupdates.googleblog

Verified checkmarks saat ini hanya tersedia secara terbatas untuk merk dan organisasi saja. Karena fitur ini memerlukan BIMI (Brand Indicators for Message Identification) supaya dapat digunakan.

Fitur ini dirancang berdasarkan fitur BIMI di dalam Gmail. Dilansir dari support.google, BIMI adalah sebuah standar email yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan logo merk untuk menjamin keaslian pesan yang dikirim.

Untuk mendapatkan verified checkmarks, pengguna diharuskan menggunakan BIMI terlebih dahulu. Karena itu pengguna diharuskan menggunakan autentikasi kuat serta memverifikasi logo merk mereka untuk menampilkan gambar sebagai avatar di dalam email.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)