Layar sentuh ponsel Android kamu tidak berfungsi? Begini cara memperbaikinya

Layar sentuh ponsel Android kamu tidak berfungsi? Begini cara memperbaikinya

Techno.id - Dalam sehari kamu bisa menyentuh layar ponsel ratusan bahkan ribuan kali. Tidak mengherankan jika layar sentuh (touchscreen) menjadi salah satu komponen ponsel yang paling sering mengalami masalah selain baterai dan konektor daya.

Tetapi layar sentuh yang tidak berfungsi pada ponsel Android tidak selalu disebabkan kegagalan perangkat keras. Jika layar sentuh ponsel sering tidak berfungsi atau gagal merespons, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan sebelum menggantinya.

Berikut Techno.id sajikan cara memperbaiki layar sentuh yang bermasalah.

1. Periksa apakah layar sentuh ponsel benar-benar rusak?

Layar sentuh ponsel Android kamu tidak berfungsi? Begini cara memperbaikinya foto: freepik/jcomp

Pertama, kamu harus mengenyampingkan kemungkinan adanya bug perangkat lunak. Ada beberapa langkah pemecahan masalah yang bisa kamu lakukan untuk memastikannya.

Nyalakan ulang (reboot) ponsel

Reboot sering kali menjadi salah satu cara paling jitu untuk memperbaiki layar sentuh yang tidak responsif. Memulai ulang ponsel dapat memperbaiki sebagian besar masalah karena ponsel akan dimatikan dan menyegarkan semua layanan latar belakang, yang mungkin saja mengalami kerusakan dan menyebabkan masalah.

Tekan dan tahan tombol Daya untuk menampilkan menu daya, lalu ketuk Mulai Ulang. Jika tidak dapat menyentuh layar untuk memilih opsi, kamu dapat menahan tombol Daya selama beberapa detik untuk mematikan ponsel. Pada beberapa kasus, mungkin perlu menahan tombol Daya dan tombol Volume Naik secara bersamaan.

Layar sentuh ponsel Android kamu tidak berfungsi? Begini cara memperbaikinya foto: techno.id/yani andriyansyah

Boot ke mode aman

Jika layar sentuh hanya berfungsi sesekali, kamu mungkin dapat mem-boot ulang ponsel ke mode aman. Cara ini memungkinkan kamu menggunakan ponsel hanya dengan perangkat lunak asli yang disertakan bersama ponsel. Cara ini juga akan menghapus semua layanan dan aplikasi yang telah diinstal. Jika layar kamu berfungsi normal dalam mode aman, kemungkinan besar ada aplikasi pihak ketiga yang bermasalah.

Untuk masuk ke mode aman pada sebagian besar perangkat Android baru dengan cara menekan dan tahan tombol daya. Pada prompt yang muncul, sentuh dan tahan tombol Matikan atau Mulai Ulang.

Setelah melihat perintah untuk masuk ke mode aman, sentuh OK, dan ponsel akan segera dihidupkan ulang. Untuk keluar dari mode aman, cukup hidupkan ulang ponsel secara normal.

Mendiagnosis tampilan

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi dari Play Store yang dapat membantu mendiagnosis masalah layar. Aplikasi-aplikasi ini dirancang untuk menunjukkan dengan tepat apa yang salah dengan layar sentuh ponsel kamu. Disarankan untuk mencoba aplikasi Display Tester.

Setelah menginstal dan meluncurkan Display Tester, buka tab Tests. Kamu akan melihat opsi untuk menguji banyak aspek. Aplikasi ini dapat mendeteksi piksel mati, burn-in pada layar OLED, apakah kontras dan saturasi akurat, status multisentuh, dan banyak lagi.

Kamu juga harus memeriksa semua aplikasi yang baru saja diinstal atau mempertimbangkan untuk melakukan pengaturan ulang pabrik (factory reset). Kemungkinan besar aplikasi pihak ketiga adalah penyebab utamanya.

2. Lepaskan pelindung layar (anti gores)

Layar sentuh ponsel Android kamu tidak berfungsi? Begini cara memperbaikinya foto: freepik/volodymyr vorona

Banyak orang menggunakan pelindung layar (anti gores) pada ponsel mereka sebagai pengaman tambahan. Namun, lembaran plastik atau kaca dapat mencegah sinyal sentuhan mencapai panel layar, sehingga layar sentuh tidak responsif.

Cobalah untuk melepas pelindungnya. Tentu saja, hal ini tidak menjamin perbaikan. Namun, ini dapat meningkatkan tingkat respons pada layar yang sudah lemah.

(brl/red)