Sony Xperia 5 V resmi diluncurkan, dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2  yang lebih bertenaga

Sony Xperia 5 V resmi diluncurkan, dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2  yang lebih bertenaga

Techno.id - Sony resmi meluncurkan Sony Xperia 5 V hari ini. Peluncuran ini sekaligus menjadi bukti konsistensi Sony dengan jajaran produk ponsel selama beberapa tahun terakhir seperti Sony Xperia 1 V dan Xperia 10 V yang diumumkan Mei 2023.

Smartphone ringkas namun bertenaga ini diklaim memiliki banyak fitur canggih, trmasuk sensor kamera utama Exmor T for Mobile yang sama dengan yang diperkenalkan pada Xperia 1 V. Kini sensor tersebut hadir dalam ponsel dengan layar 6,1 inci yang lebih ringkas.

Sony mengklaim Xperia 5 V cocok untuk pengguna muda yang kreatif memotret, memposting, dan mengonsumsi konten digital di ponsel cerdas mereka. Selain teknologi kamera utama yang patut dicatat, yang membedakan Xperia 5 V dengan Xperia 10 V adalah chipset Qualcomm pada dapur pacunya.

Di mana Xperia 10 V dibekali Qualcomm Snapdragon 695 5G (6 nm), sementara pada Xperia 5 V disematkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm) yang lebih bertenaga. Karena itu, ponsel ini digadang-gadang bakal menjadi pesaing Samsung Galaxy S23, iPhone 14, dan Google Pixel 7 Pro.

Lantas apa saja fitur dan keunggulan yang disematkan pada Xperia 5 V? Berikut Techno.id sajikan spesifikasi ponsel anyar ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Desain

Sony Xperia 5 V resmi diluncurkan, dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih bertenaga foto: sony

Tata letak perangkat keras secara umum tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya, dengan sedikit penambahan ketebalan dan berat. Kemungkinan besar penambahan ini karena perangkat keras kamera utama yang baru. Xperia 5 V hadir dengan tampilan yang lebih konvensional, yang tersedia dalam tiga warna, hitam, biru, dan Platinum Silver.

Daya tahan masih menjadi faktor kunci ponsel flagship ringkas ini dengan sertifikasi IP65/68 terhadap debu dan air, ditambah Gorilla Glass Victus 2 terbaru yang melindungi layar ponsel.

Layar dan audio

Sony Xperia 5 V resmi diluncurkan, dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih bertenaga foto: sony

Xperia 5 V hadir dengan layar 6,1 inci menggunakan panel OLED berkemampuan HDR. Sayangnya, ponsel ini tidak memiliki resolusi 4K. meski begitu masih menawarkan visual Full HD+ dengan tetap mempertahankan rasio aspek 21:9 yang tinggi dan kecepatan refresh 120Hz.

Dari sisi audio, Xperia 5 V dibekali speaker stereo yang ditingkatkan dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah disbanding Xperia 5 IV. Ponsel ini juga masi tetap mempertahankan jack headphone 3,5 mm.

(brl/red)