Cara membersihkan virus pada flashdisk dengan aman, mudah dan bisa dilakukan sendiri

Cara membersihkan virus pada flashdisk dengan aman, mudah dan bisa dilakukan sendiri

Techno.id - Flashdisk yang merupakan benda kecil untuk menyimpan banyak data. Dengan adanya sebuah flashdisk, setiap pengguna tidak perlu repot membawa berbagai macam data. Cukup hubungkan flashdisk pada perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, dan lain sebagainya, data yang ada di dalamnya bisa diakses dengan mudah.

Meski yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan hampir semua keunggulan dari flashdisk, namun bukan berarti benda kecil ini tidak memiliki kekurangan. Sudah banyak kasus yang terjadi saat sebuah flashdisk terserang oleh virus. Gangguan menyebalkan dari virus tentu bisa membahayakan data yang ada pada flashdisk.

Untungnya, sudah ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membersihkan flashdisk dengan aman. Tak hanya itu, cara yang diperlukan untuk membersihkan sebuah flashdisk juga terbilang cukup aman untuk dilakukan.

Singkat saja, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (17/1), cara membersihkan virus pada flashdisk dengan aman.

Cara membersihkan virus pada flashdisk dengan aman

Cara membersihkan virus pada flashdisk dengan aman, mudah dan bisa dilakukan sendiri

foto: unsplash.com

Pada dasarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus virus yang ada pada flashdisk dengan aman. Meski tidak semua cara yang ada bisa berhasil dilakukan. Namun setidaknya langkah yang ada termasuk mudah untuk dilakukan. Tak perlu berlama-lama, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai menghapus virus yang ada pada flashdisk.

1. Scan dengan antivirus bawaan

Pada beberapa perangkat laptop, biasanya developer memberikan aplikasi antivirus yang sudah terinstal secara otomatis. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mencari virus yang ada pada flashdisk. Pada beberapa aplikasi antivirus, biasanya akan mendeteksi secara otomatis flashdisk yang dimiliki saat dihubungkan dengan laptop.

Jika ada data yang mencurigakan, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh virus. Jika kamu tidak merasa memiliki data tersebut, segera hapus karena bisa jadi data yang ada pada flashdisk kamu adalah sebuah virus.

2. Gunakan Windows Malicious Software Removal Tool

Tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, Windows Malicious Software Removal Tool pada dasarnya merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh Microsoft untuk mendeteksi data mencurigakan yang ada pada flashdisk. Kamu bisa mendownload aplikasi ini baik pada laptop maupun komputer.

Setelah menginstal Windows Malicious Software Removal Tool, kamu bisa menancapkan flashdisk pada port yang tersedia kemudian mulai melakukan scanning. Jika ada file yang mencurigakan, periksa lebih detail file tersebut. Jika memang kamu tidak pernah memiliki file tersebut, maka akan sangat baik jika kamu menghapusnya. Agar lebih detail, kamu bisa memeriksa setiap folder yang ada pada flashdisk kamu.

3. Format flashdisk

Cara terakhir yang bisa dibilang ampuh adalah melakukan format pada flashdisk. Meski semua data yang kamu miliki akan hilang, namun virus yang ada di dalamnya juga akan terhapus secara permanen. Car untuk memformat flashdisk pada dasarnya sangat mudah. Kamu bisa buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada flashdisk, lalu pilih format. Akan ada beberapa menu yang bisa dipilih, sesuaikan saja dengan kebutuhan yang kamu miliki.


(brl/guf)