Lakukan 5 hal ini sebelum menjual laptopmu agar data pribadi aman

Lakukan 5 hal ini sebelum menjual laptopmu agar data pribadi aman

Techno.id - Banyak cara dilakukan orang untuk meng-upgrade laptop mereka secara total. Salah satunya dengan menjual yang lama lalu beli baru. Cara ini sudah lazim dilakukan. Apalagi jika laptop lama jarang dipakai atau sudah mengalami penurunan performa.

Tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menjual laptop lama kamu. Sebab, laptop biasanya berisi data-data penting yang selama ini kamu gunakan untuk bekerja. Tentunya kamu tak ingin data pribadimu disalahgunakan.

Nah untuk untuk menghindari hal tersebut, Techno.id merangkum 5 hal yang harus kamu perhatikan sebelum menjual laptop.

1. Pastikan file kamu sudah di back up

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan data-data penting yang kamu butuhkan sudah di back up. Kamu dapat menyimpan data yang ingin di back up di cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox.

Alternatif lain, bisa juga menyimpannya di harddisk eksternal. Jika data yang ingin di backup tidak terlalu banyak dan menggunakan banyak ruang, cloud storage sudah cukup. Namun, jika kalian ingin menyimpan seluruh data pribadi, kalian bisa menggunakan harddisk eksternal.

Lakukan 5 hal ini sebelum menjual laptopmu agar data pribadi aman (Foto:Techno.id/Yani Andriyansyah)

2. Lakukan Factory Reset

Setelah seluruh data di back up, lakukan factory reset pada laptopmu. Factory reset adalah metode untuk mengembalikan laptopmu seperti ke bentuk pertama setelah keluar dari pabrik.

Factory reset akan menghapus seluruh data yang ada di laptopmu. Factory reset menjadi cara termudah untuk memastikan bahwa seluruh data di laptopmu sudah terhapus.

Magang : Nabiel Mumtaz

(brl/red)