Lakukan 5 hal ini sebelum menjual laptopmu agar data pribadi aman

Lakukan 5 hal ini sebelum menjual laptopmu agar data pribadi aman

3. Cek jika terdapat komponen yang perlu diganti

Laptop tentunya juga dapat mengalami kerusakan seperti barang elektronik lainnya. Maka dari itu, pastikan tidak terdapat komponen rusak di laptopmu. Jika terdapat komponen yang rusak atau perlu diganti maka segera ganti dengan komponen baru.

Mengganti komponen yang sudah rusak atau turun performanya tentunya akan menaikkan harga jual laptopmu. Jadi, pastikan jika laptop yang ingin kamu jual dalam kondisi prima. Jika terdapat komponen yang perlu diganti, kamu perlu untuk memberitahukannya kepada pembeli. Kamu dapat cek komponen laptopmu sendiri, jika kamu tidak bisa, datangi tempat servis laptop terdekat.

Lakukan 5 hal ini sebelum menjual laptopmu agar data pribadi aman (Foto:Techno.id/Yani Andriyansyah)

4. Pastikan kondisi fisik laptopmu baik

Banyak orang yang menilai sebuah barang dari tampilan fisiknya, hal yang sama juga berlaku di laptop. Percuma jika laptopmu baik secara performa tapi tampilannya buruk. Hal ini misalkan banyak baret, engsel layar yang kendor, atau sekedar kotor saja. Laptop yang kondisi fisiknya kurang menarik tentunya akan lebih sulit untuk terjual.

Jadi pastikan laptopmu dalam kondisi fisik yang terbaik. Jika hanya baret ringan di permukaan glossy, kamu dapat menggunakan scratch remover. Selain itu, pastikan laptopmu dalam kondisi bersih dari kotoran saat akan dijual.

5. Pastikan laptopmu terjual dengan tepat

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menjual laptopmu dengan tepat. Kamu tentunya ingin laptopmu terjual dengan harga yang masuk akal kan? Kamu dapat menjual laptopmu sendiri di marketplace, atau kamu juga dapat menjual laptopmu di tempat penjualan laptop.

Jika kamu ingin menjual sendiri laptopmu di marketplace, jual laptopmu dengan harga yang sesuai dengan harga pasar. Jadi, laptopmu akan lebih mudah untuk terjual. Jika kamu ingin menjual laptopmu di penjual laptop, pastikan kalau kamu menjual laptopmu di tempat yang terpercaya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

(brl/red)