Cara mengubah laptop lawas jadi Chromebook, seperti baru lagi

Cara mengubah laptop lawas jadi Chromebook, seperti baru lagi

Techno.id - Mungkin banyak dari kalian yang memiliki laptop atau personal computer (PC) yang sudah tidak lagi digunakan. Padahal, laptop atau PC tersebut sebenarnya masih dapat digunakan namun mungkin sudah tidak mumpuni untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Hal ini mungkin karena spesifikasi laptop atau PC yang sudah kuranglayak untuk menjalankan aplikasi atau bahkan sistem operasi terbaru. Namun, kita masih dapat memberikan kesempatan hidup kedua untuk laptop lawas tersebut.

Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan sistem operasi yang lebih ringan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan downgrade sistem operasi yang sedang digunakan atau menggunakan sistem operasi lain. Salah satu alternatif sistem operasi adalah menggunakan Chrome OS.

Cara mengubah laptop lawas jadi Chromebook, seperti baru lagi (Foto: Techno.id/Yani Andriyansyah)

Chrome OS merupakan sistem operasi yang digunakan di Chromebook. Chromebook saat ini cukup diminati karena jauh lebih murah dari kebanyakan laptop namun tetap dapat memberikan performa yang sangat memadai untuk kebutuhan ringan.

Chromebook dan Chrome OS memang tidak dirancang untuk menjadi sistem operasi yang dapat kita gunakan untuk penggunaan berat seperti edit video atau gaming. Namun, Chrome OS menawarkan sistem operasi yang stabil dan murah untuk kebutuhan sehari-hari, kantor, atau pembelajaran.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk memberi nafas baru bagi laptop lawas dengan Chrome OS. Namun sebelum cara itu dilakukan, ada hal yang harus menjadi perhatian. Pastikan semua data sudah di backup karena ChromeOS Flex 2.0 akan menghapus seluruh data termasuk sistem operasi sebelumnya.

Berikut cara mengubah laptop lawas jadi Chromebook. Cara yang dilakukan cukup mudah, kita hanya perlu menginstall ChromeOS Flex 2.0 di laptop lawas tersebut.

Magang : Nabiel Mumtaz

(brl/red)