Kenali modus pembobolan rekening lewat HP dan cara mencegahnya

Kenali modus pembobolan rekening lewat HP dan cara mencegahnya

Techno.id - Di era digital seperti sekarang, kejahatan siber menyasar lewat media teknologi. Apalagi saat ini banyak pengguna gadget yang memasang aplikasi m-banking atau internet banking di smartphone mereka.

Jika tidak waspada, bisa menjadi sasaran empuk para penjahat siber. Modusnya dengan pembobolan rekening melalui m-banking tersebut. Apalagi berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga tahun 2022, tercatat ada 49% penduduk dewasa Indonesia yang memiliki rekening bank.

Mengacu pada jumlah penduduk hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk dengan usia di atas 19 tahun berkisar 190 juta jiwa. Artinya, jika 49% yang memiliki rekening, diperkirakan jumlah pemilik rekening di Indonesia hampir mencapai 100 juta jiwa.

Di satu sisi, ini adalah fakta yang baik, karena menunjukan budaya menabung masyarakat yang cukup tinggi. Namun, bagi orang-orang dengan pikiran jahat, jumlah tersebut menjadi sasaran empuk bagi praktik kejahatan mereka. Buktinya, dari waktu ke waktu, kasus pembobolan rekening tak berhenti terjadi dengan berbagai modus.

(brl/red)