Kenali modus pembobolan rekening lewat HP dan cara mencegahnya

Kenali modus pembobolan rekening lewat HP dan cara mencegahnya

Kenali modus pembobolan rekening lewat HP

Kenali modusnya agar lebih waspada

Kenali modus pembobolan rekening lewat HP dan cara mencegahnya foto: freepik.com/MrDm

Mengenali berbagai modus pembobolan rekening yang semakin variatif adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah ini. Seorang influencer dan juga detektif swasta yang berpengalaman dalam menangani kasus-kasus kejahatan siber Detektif Jubun pun merespons maraknya proses pembobolan rekening.

Menurutnya, di era digital saat ini, kebanyakan modus tersebut memanfaatkan media teknologi. Cara bobol rekening dulu dan sekarang berbeda. Umumnya sekarang penipu mengincar pembobolan lewat mobile banking atau internet banking, jelas Jubun.

Ada beberapa modus yang biasanya digunakan penipu. Namun modus yang kini sering terjadi dalam pengamatannya adalah dengan memaksa calon korban untuk mengirim kode OTP (one time password) atau CVV (tiga nomor terakhir di belakang kartu).

Kenali modus pembobolan rekening lewat HP dan cara mencegahnya Detektif Jubun (foto: dok.pribadi)

Makanya, kalau tiba-tiba ada pesan lewat SMS atau Whatsapp yang meminta kamu mengirimkan kode-kode tersebut, jangan sampai diberikan. Ingat, kode-kode tersebut statusnya privasi. Tidak boleh disebarkan ke orang yang tidak dikenal atau belum kamu percayai, terang Jubun.

Perlu diketahui, kode seperti OTP bisa menjadi jalur pihak ketiga untuk login ke akun pemilik rekening meski tidak mengetahui password atau PIN. Jubun menambahkan, untuk membuat calon korban sukarela mengirim OTP atau CVV, penipu memiliki berbagai teknik pengelabuan.

Ada yang pura-pura jadi pembeli jika korbannya seorang seller. Ada yang pura-pura pemberi hadiah lalu minta konfirmasi. Ada juga yang mengaku dari pihak bank yang memberi instruksi-instruksi tertentu. Tapi apapun modusnya, jangan kirimkan kodenya. Jangan salah langkah, ungkap Jubun.

Selain lewat pengirim kode rahasia, modus yang tak kalah berbahaya adalah pembobolan melalui phising email. Bentuknya, penipu mengirimkan pesan lewat email yang mengatasnamakan pihak bank. Pesan tersebut biasanya meminta calon korban melakukan pembaruan akun dengan mengarahkannya ke sebuah tautan berisi isian form. Diantara isian form yang diminta adalah user name bank berikut passwordnya.

Kalau kamu dapat e-mail semacam ini, pastikan link yang diberikan itu memang benar link resmi. Kalau kamu ragu, bisa hubungi call center untuk memastikan kebenarannya, tegas Jubun.

Masyarakat gaptek jadi target utama

Kenali modus pembobolan rekening lewat HP dan cara mencegahnya foto: freepik.com/MrDm

Semua lapisan masyarakat dengan berbagai level usia punya potensi terkena penipuan ini. Hanya saja, berdasarkan pengamatan Detektif Jubun, masyarakat dengan usia lebih tua umumnya lebih rentan terjebak dengan modus dari penipu.

Sasaran mereka itu utamanya yang gaptek. Mereka memanfaatkan ketidaktahuan orang-orang gaptek. Cilakanya, mereka yang usia tua, seperti pensiunan, biasanya punya tabungan yang tidak sedikit, jelasnya.

Oleh karena itu, Jubun berpesan agar wawasan mengenai berbagai modus penipuan pembobolan rekening ini bisa sampai ke semua kalangan.

(brl/red)