7 Cara memperbaiki kamera Google Meet yang error

7 Cara memperbaiki kamera Google Meet yang error

Techno.id - Kamu pernah mengalami gangguan ketika menggunakan kamera di Google Meet? Masalah tersebut sangat mungkin disebabkan dua hal. Bisa karena kamera kamu yang bermasalah atau malah justru perangkat yang kamu gunakan.

Tapi sebelum mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah platform Google Meet memerlukan izin untuk mengakses kamera di perangkat kamu.

Nah jika kamu sudah memberikan izin akses kamera namun masih saja error, mungkin cara-cara di bawah ini bisa membantu kamu mengatasinya. Berikut techno.id sudah merangkum tentang cara memperbaiki kamera Google Meet yang error.

1. Cek koneksi kamera ke laptop

Jika menggunakan kamera eksternal seperti webcam, periksalah koneksi kamera kamu ke laptop, apakah sudah terpasang dengan baik atau belum. Coba untuk mencabut dan memasang kembali koneksi kamera, baik dengan kabel atau bluetooth.

2. Restart perangkat kamu

Proses restart atau reboot perangkat dapat menghapus file-file temporary dan seringkali menyelesaikan masalah. Cara ini sangat dianjurkan apabila kamera Google Meet tidak kunjung berfungsi dengan baik.

7 Cara memperbaiki kamera Google Meet yang error foto: freepik.com

3. Pastikan kamera pada perangkat laptop sudah aktif

Windows memiliki layanan untuk menonaktifkan kamera di perangkat laptop. Kamera yang tidak berfungsi saat sedang Gmeet bisa jadi disebabkan kamera yang memang belum aktif. Cara mengeceknya sangat mudah, cukup tekan tombol Windows + I untuk membuka Windows Setting pada perangkat laptopmu.

Lalu pilih menu privasi > Camera, di opsi Camera access for this device kamu bisa melihat status aktif kamera. Jika belum aktif cobalah untuk mengaktifkannya agar kamera pada meet dapat berfungsi kembali.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)