Begini cara menggunakan ponsel kamu sebagai webcam untuk meeting online

Begini cara menggunakan ponsel kamu sebagai webcam untuk meeting online

Techno.id - Kamu sering melakukan meeting online menggunakan laptop? Biasanya kamera internal laptop memiliki resolusi yang kurang mumpuni. Karena itu tidak jarang pengguna memberi aksesoris tambahan berupa webcam agar kualitas video lebih jernih.

Nah jika kamu berniat ingin membeli webcam untuk keperluan tersebut, mungkin bisa ditunda dulu. Sebab dengan sedikit trik, kamu bisa menggunakan ponsel kamu sebagai webcam. Hanya dibutuhkan sedikit pengaturan, untuk membuat ponsel cerdas modern kamu yang memiliki kualitas kamera yang mengesankan sebagai webcam. Jadi kamu nggak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli webcam.

Sebagai informasi, Apple sudah membangun fitur ini ke dalam iPhone, jika kamu memiliki Mac. Sementara pengguna Windows, dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengubah iPhone atau ponsel Android menjadi webcam nirkabel.

Gunakan iPhone sebagai webcam untuk Mac

Begini cara menggunakan ponsel kamu sebagai webcam untuk meeting online foto: freepik/igolubovystock

Jika memiliki iPhone dan Mac, kamu dapat menggunakan fitur Continuity Camera yang ditawarkan Apple. Yang kamu butuhkan hanyalah iPhone yang menjalankan setidaknya iOS 16 dan Mac yang menjalankan macOS Ventura yang juga dikenal sebagai macOS 13 atau versi lebih baru. Kedua perangkat harus mengaktifkan Bluetooth dan WiFi dan kedua perangkat harus masuk ke ID Apple yang sama.

Di aplikasi apa pun yang menggunakan kamera video, cukup pilih iPhone kamu sebagai sumbernya. Misalnya, pada Zoom, klik panah di samping tombol video, lalu pilih iPhone kamu sebagai kamera. Ini langsung berfungsi, dan kamu akan melihat perbedaan kualitasnya.

Gunakan ponsel iPhone atau Android sebagai webcam untuk komputer Windows atau Linux

Begini cara menggunakan ponsel kamu sebagai webcam untuk meeting online foto: play.google.com

Pengguna Windows tidak memiliki alternatif resmi untuk Continuity Camera tetapi Droidcam adalah hal terbaik berikutnya. Aplikasi ini berfungsi dengan ponsel iPhone dan Android, dan memungkinkan kamu menggunakan ponsel tersebut sebagai webcam di komputer Windows atau Linux.

Kamu perlu menginstal aplikasi di ponsel dan di mesin Windows. Pastikan kedua perangkat berada di jaringan WiFi yang sama, lalu buka aplikasi di ponsel. Kamu akan melihat alamat IP, buka aplikasi di komputer kamu dan ketik alamat IP di sana. Kamera mulai bekerja.

Perkecil jendela ini lalu gunakan aplikasi panggilan video pilihan. Kamu akan melihat DroidCam terdaftar sebagai opsi untuk kamera dan mikrofon.

Begini cara menggunakan ponsel kamu sebagai webcam untuk meeting online foto: play.google.com

Untuk versi gratisnya hanya menawarkan kualitas definisi standar. Kamu dapat meningkatkan ke versi pro untuk mendapatkan definisi tinggi dan beberapa fitur yang harus dimiliki termasuk penyesuaian kecerahan dan fokus otomatis.

Namun yang perlu diperhatikan, menggunakan ponsel sebagai kamera menghabiskan baterai di ponsel. Mungkin ada baiknya untuk mencolokkannya, baik ke komputer atau pengisi daya saat kamu menggunakannya.

(brl/red)