Jarang orang tahu, ini cara mudah shut down laptop agar nggak lemot dan error

Jarang orang tahu, ini cara mudah shut down laptop agar nggak lemot dan error

Techno.id - Bagi pengguna laptop, tentu mematikan perangkatnya sangatlah mudah dilakukan. Cukup gunakan fitur 'Shut Down' dalam tools Windows maka laptop secara otomatis akan mati. Namun tahukah kamu, jika cara konvensional tersebut ternyata tidak mematikan laptop secara penuh?

Seperti namanya, shut down merupakan tools untuk mematikan laptop dalam sistem operasi Windows. Namun perlu disadari, jika pengguna tidak mengatur sistem mematikan laptop secara benar, maka sejatinya perangkat tetap akan berjalan. Hal ini bisa dilihat dalam menu Task Manager dan pilih opsi Performance. Di bagian 'Up Time' akan terlihat berapa lama perangkat menyala dan digunakan.

Apabila waktu yang ditampilkan tak sesuai atau over dengan penggunaan laptop, maka bisa dipastikan perangkat kamu tidak bisa mati secara total saat di shut down. Akibatnya laptop bisa lemot maupun error, lho sob! Sebab masih ada beberapa komponen yang bekerja, sehingga menimbulkan kerusakan karena menyala terus menerus.

Maka, sobat techno perlu mengatur agar laptop dapat dimatikan secara benar. Lantas bagaimana caranya? Berikut techno.id sajikan pengaturan untuk mematikan perangkat laptop agar mati secara total dan tidak menimbulkan kerusakan.


(brl/guf)