iPhone kamu boros baterai? Ini 7 trik tersembunyi mengatasinya

iPhone kamu boros baterai? Ini 7 trik tersembunyi mengatasinya

Trik atasi iPhone boros baterai.

1. Meredupkan kecerahan layar iPhone.

Memakai layar iPhone dengan kecerahan tinggi, membuat penggunaan baterai meningkat. Oleh karena itu, pengguna bisa meredupkan tingkat kecerahan layar untuk menghemat pemakaian daya baterai. Pengaturan layar bisa dilakukan dengan masuk ke menu control center, pilih opsi pengaturan kecerahan layar. Kamu juga bisa mematikan fitur auto brightness agar sesuai kebutuhan pengguna.

2. Nyalakan fitur low power mode.

iPhone kamu boros baterai? Ini 7 trik tersembunyi mengatasinya

foto: Pexels.com

Apple memberikan fitur low power mode agar perangkat iPhone dapat bekerja dalam mode penghematan baterai. Cara mengaktifkan fitur low power mode yaitu dengan membuka menu setting, kemudian klik opsi 'baterai' lalu kamu bisa menggeser layar untuk mengaktifkan low power mode menjadi warna hijau. Fitur ini nantinya akan memberikan daya ke aplikasi yang dibuka saja, sehingga aplikasi lain tidak bekerja atau memakan daya besar.

3. Jangan gunakan iPhone di suhu ekstrem.

Apple merancang iPhone untuk berperforma maksimal di suhu antara 16 hingga 22 derajat celcius. Nah, jika kamu sedang di dalam kondisi suhu ekstrem, maka jangan gunakan perangkat terlebih dahulu. Suhu semakin dingin atau semakin panas, akan sangat mempengaruhi kinerja dari perangkat.

4. Matikan notifikasi tidak perlu.

iPhone kamu boros baterai? Ini 7 trik tersembunyi mengatasinya

foto: Pexels.com

Dengan mengurangi notifikasi tidak diperlukan, pengguna bisa menghemat pemakaian daya di iPhone. Caranya gampang banget nih, kamu bisa membuka menu setting, kemudian masuk pada halaman 'notifikasi' nah disini kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang akan kamu pilih untuk dinonaktifkan notifikasinya. Cara ini juga bikin kamu nyaman tanpa diganggu oleh notifikasi yang masuk, loh sobat!

5. Matikan layanan lokasi.

Pengguna bisa mematikan layanan lokasi saat diperlukan. Cara ini membuat baterai tidak memberikan suplai ke fitur lokasi. Caranya dengan membuka 'setting' kemudian pilih 'privasi' lalu klik 'nonaktifkan layanan lokasi'.

6. Nyalakan mode pesawat.

iPhone kamu boros baterai? Ini 7 trik tersembunyi mengatasinya

foto: Pexels.com

Menyalakan mode pesawat menjadi cara paling ampuh untuk menghemat baterai iPhone. Namun cara ini bisa diaktifkan dalam keadaan diperlukan saja. Karena saat mode pesawat dinyalakan, semua layanan internet akan di-cut oleh sistem, sehingga perangkat tidak dapat mengakses jaringan internet. Oleh sebab itu, baterai tidak memberikan suplai daya baterai ke antena internet untuk mencari sinyal.

7. Mematikan background App Refresh

iPhone mempunyai fitur background activity. Fitur ini dapat menunjukan seberapa banyak aplikasi memakan daya baterai. Dengan informasi tersebut, pengguna bisa mematikan aplikasi paling banyak memakan baterai. Untuk menonaktifkannya, buka halaman setting, klik bagian 'general', lalu matikan 'background app refresh' dengan cara menggeser layar ke tombol 'off'.

Itulah beberapa cara tersembunyi untuk menghemat pemakaian iPhone. Cara tersebut bisa kamu terapkan kapan saja dan saat dibutuhkan. Selamat mencoba!

(brl/guf)