iPhone kamu basah dan tidak bisa mengisi daya? Jangan memasukkannya ke dalam beras, inilah alasannya

iPhone kamu basah dan tidak bisa mengisi daya? Jangan memasukkannya ke dalam beras, inilah alasannya

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami iPhone basah akibat kehujanan atau terkena air. Nah dalam kondisi tersebut, kamu akan berusaha mengeringkan iPhone.

Namun jangan coba-coba memasukkan kapas dan atau tisu ke dalam konektor pengisian daya. Jangan juga menggunakan udara bertekanan atau pemanas untuk mengeringkannya.

Nah mungkin kamu pernah mengetahui saran yang mengatakan agar iPhone yang basah dimasukkan ke dalam beras. Tujuannya untuk menyerap kelembapan berlebih yang ada pada iPhone.

Namun, menurut Apple, teknik tersebut tidak lebih dari kisah kuno dan sebenarnya bisa lebih berbahaya. Raksasa teknologi itu mengatakan partikel kecil beras dapat merusak ponsel cerdas, terutama jika akhirnya masuk ke port pengisian daya.

Apple menyarankan, jika cairan terdeteksi di konektor, peringatan akan muncul di layar iPhone. Pengguna tidak akan dapat mengisi daya ponsel mereka menggunakan kabel kecuali dalam keadaan darurat, tetapi pengisian daya nirkabel masih bisa dilakukan. Apple memiliki tips untuk mengatasi hal tersebut.

iPhone kamu basah dan tidak bisa mengisi daya? Jangan memasukkannya ke dalam beras, inilah alasannya foto: freepik/welcomeinside

1. Ketuk iPhone ke tangan kamu dengan konektor pengisian daya menghadap ke bawah.

2. Biarkan perangkat di tempat yang kering di mana terdapat aliran udara.

3. Tunggu 30 menit sebelum mencoba mengisi daya perangkat

4. Jika kamu masih melihat peringatan, mungkin masih ada cairan yang tersisa. Karena itu, mungkin kamu perlu waktu hingga 24 jam membiarkan iPhone agar benar-benar kering.

5. Setelah itu, jika iPhone kamu masih gagal mengisi daya, Apple menyarankan untuk mencabut kabel pengisi daya dan adaptor dari dinding, lalu mencoba menyambungkannya kembali.

(brl/red)