Inilah alasan mengapa iPhone kamu berhenti mengisi daya saat mencapai 80%

Inilah alasan mengapa iPhone kamu berhenti mengisi daya saat mencapai 80%

Charger iPhone

Fitur Pengisian Daya Optimal dapat memperpanjang masa pakai iPhone

Inilah alasan mengapa iPhone kamu berhenti mengisi daya saat mencapai 80% foto: freepik

Sebagian besar dari kita berusaha menjaga ponsel tetap terisi daya semaksimal mungkin. Tetapi hal ini sebenarnya justru membahayakan masa pakai ponsel secara keseluruhan karena baterai lithium-ion akan menurun lebih cepat.

Dengan kata lain, semakin lama baterai tetap terisi penuh atau kosong, maka semakin pendek kapasitas pengisian dayanya. Jika kamu mengisi daya iPhone semalaman, itu berarti daya baterai tetap terisi 100% selama berjam-jam. Hal ini buruk dan akan mempercepat masa pakai baterai.

Untuk mengatasinya, iPhone menyematkan fitur Pengisian Daya Optimal untuk mencegah mengisi daya melebihi 80%. Dengan cara ini, perangkat akan penuh saat dibutuhkan tanpa harus terisi penuh sepanjang malam. Hasilnya, hal ini membantu menjaga kesehatan baterai iPhone dan memperpanjang masa pakainya.

Cara menonaktifkan Pengisian Daya Optimal

Inilah alasan mengapa iPhone kamu berhenti mengisi daya saat mencapai 80% foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pengisian Daya Optimal diaktifkan secara default pada iPhone. Namun jika lebih suka mengisi daya iPhone hingga 100% setiap saat, kamu dapat dengan mudah menonaktifkan fitur ini dari bagian Baterai pada Pengaturan.

1. Buka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

2. Nonaktifkan Pengisian Daya Optimal.

3. Pilih salah satu dari dua opsi: Matikan Hingga Besok atau Matikan (secara permanen).

Jika kamu memiliki iPhone yang lebih baru, seperti iPhone 14 Pro Max atau iPhone 14 Plus, disarankan untuk tidak menonaktifkan Pengisian Daya Optimal karena perangkat sudah memiliki daya tahan baterai yang sangat baik, meskipun tidak terisi penuh.

(brl/red)