6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik

6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik

Techno.id - Di akhir tahun biasanya banyak orang sudah merencanakan liburan, baik ke destinasi domestik maupun luar negeri. Tentu saja, berbagai kebutuhan dan perlengkapan, termasuk gadget harus dipersiapkan dengan matang.

Selain itu, kamu juga harus memastikan keamanan terhadap gadget seperti ponsel cerdas atau tablet yang kamu bawa agar aman dari pencurian atau tindak kejahatan lainnya. Berikut beberapa cara untuk mengurangi risiko membawa gadget saat berlibur.

1. Hindari menggunakan tas laptop

6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik foto: freepik/azerbaijan-stockers

Tas yang dirancang khusus untuk membawa laptop ini secara tidak langsung memberi petunjuk bagi para penjahat bahwa di dalamnya ada sesuatu yang berharga untuk dicuri.

Jika harus membawa tas laptop, sebaiknya dilengkapi dengan gembok. Ada baiknya kamu menyimpan gadget di tas tangan atau ransel, atau memakai tas pinggang untuk menyembunyikan ponsel cerdas.

2. Menggunakan kode sandi

6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik foto: freepik/rawpixel.com

Kode sandi di ponsel cerdas atau tablet tidak hanya berfungsi sebagai pencegah pencuri potensial, tetapi juga menghentikan mereka mengakses data jika dicuri. Kode sandi adalah bentuk enkripsi, sehingga informasi pribadi kamu tidak dapat dibaca tanpanya.

Pastikan kamu menggunakan kode sandi yang kuat. Selain itu kamu juga bisa melengkapi kode sandi menggunakan sidik jari atau deteksi wajah.

3. Aktifkan pelacakan

6 Cara menjaga keamanan gadget kamu saat berlibur, waspada ketika menggunakan Wi-Fi publik foto: freepik/rawpixel.com

Mengunci perangkat tidak akan membantu kamu menemukannya. Untungnya, aplikasi dan fitur pelacakan akan melakukannya. Kamu dapat menggunakan fungsi Temukan iPhone Saya di semua perangkat Apple, yang memungkinkan kamu menemukan ponsel cerdas, iPad (dan variasi), iPod Touch, Mac, Apple Watch, dan bahkan AirPods.

Kamu hanya perlu akses ke iCloud.com, yang menampilkan peta dan memungkinkan kamu mengontrol dari jarak jauh perangkat secara terbatas. Kamu juga harus mengaktifkan fungsi Temukan iPhone Saya, dan ponsel kamu harus memiliki baterai. Beberapa pencuri cukup pintar untuk mengaktifkan Mode Pesawat, yang memotong semua sinyal masuk, jadi kamu tidak akan dapat menemukannya. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki kode sandi yang solid.

Android menawarkan fitur serupa, terutama Pengelola Perangkat Android yang juga menampilkan lokasi perangkat kamu di peta melalui dasbor Pengelola.

(brl/red)