Begini cara menghemat dan memaksimalkan daya baterai laptop

Begini cara menghemat dan memaksimalkan daya baterai laptop

Techno.id - Sama seperti smartphone, saat ini hampir semua laptop mengunakan baterai Lithium-ion (Li-ion). Baterai jenis ini dapat mengisi daya ratusan kali tanpa memengaruhi masa pakainya.

Namun baterai lithium-ion memiliki sirkuit internal yang menghentikan proses pengisian daya saat baterai terisi penuh. Sirkuit ini diperlukan karena tanpanya, baterai Li-ion dapat menjadi terlalu panas dan mungkin terbakar saat mengisi daya. Sebab, baterai lithium-ion tidak boleh menjadi hangat saat berada di dalam pengisi daya.

Begini cara menghemat dan memaksimalkan daya baterai laptop foto: techno.id/yani andriyansyah

Karena itu tidak disarankan untuk mengisi daya baterai laptop secara berlebihan. Memang, membiarkan laptop tetap terhubung setelah terisi penuh tidak akan mengisi daya baterai secara berlebihan atau merusak baterai.

Namun, menjaga baterai secara konsisten pada pengisi daya mungkin bukan ide terbaik jika tujuannya adalah untuk mengoptimalkan masa pakai baterai.

Menghemat masa pakai baterai di Windows 11 & 10

Begini cara menghemat dan memaksimalkan daya baterai laptop foto: unsplash/panos sakalakis

Fitur Penghemat Baterai Windows akan aktif secara otomatis ketika sistem mencapai 20% dari masa pakai baterai. Tergantung pada pengaturan kamu, laptop akan menurunkan kecerahan layar.

Kontrol untuk ini ada di Pengaturan Windows 11 > Sistem > Daya & baterai > Penghemat baterai. Windows 10 adalah Pengaturan > Sistem > Penghemat Baterai.

Kamu juga dapat membuat perubahan pada layar Power Plan untuk menghemat masa pakai baterai. Rencana Daya mengatur jumlah menit tidak aktif yang berlalu sebelum laptop meredup atau mati. Angka yang lebih rendah mengurangi penggunaan baterai. Opsi ini tersedia di Pengaturan > Daya & baterai > Layar dan tidur (Windows 11) atau Pengaturan > Sistem > Daya & Tidur (Windows 10).

Jika kamu tidak memerlukan internet untuk sementara waktu, aktifkan Mode Pesawat untuk mematikan Wi-Fi dan Bluetooth. Salah satu cara untuk mengaktifkan Mode Pesawat adalah di Pengaturan > Jaringan & internet > Mode pesawat (atau Mode penerbangan).

(brl/red)