Ini penjelasan mengapa baterai iPhone sebaiknya diisi daya maksimum hanya 80 persen

Ini penjelasan mengapa baterai iPhone sebaiknya diisi daya maksimum hanya 80 persen

Penjelasan ngecas iPhone 80 persen

Perlukah pengisian daya cepat?

Ini penjelasan mengapa baterai iPhone sebaiknya diisi daya maksimum hanya 80 persen foto: freepik/vitalii petrushenko

Membatasi pengisian daya berfungsi karena baterai iPhone tidak boleh benar-benar penuh atau kosong. Selain itu baterai juga bisa cepat rusak saat mengisi daya lebih dari 80 persen ketika panas. Inilah sebabnya mengapa pengisi daya cepat membuang daya ke baterai hingga 80 persen dan kemudian melambat hingga untuk 20 persen terakhir.

Pengisian daya yang cepat membuat baterai lebih panas daripada pengisian daya yang lambat. Karena itu kamu tidak memerlukan pengisi daya cepat di samping meja saat ingin tidur.

Sebab iPhone memiliki fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan. Fitur ini mempelajari kebiasaan pengisian daya pengguna dan menahan baterai pada tingkat 80 persen dalam semalam untuk menyelesaikan pengisian daya hingga 100 persen sebelum kamu membutuhkannya.

Cara lain menghemat daya baterai

Ini penjelasan mengapa baterai iPhone sebaiknya diisi daya maksimum hanya 80 persen foto: freepik/zaozaa09

Tetapi ada cara lain untuk merawat baterai dan membuatnya bertahan lebih lama. Kamu bisa memperpanjang masa pakai baterai iPhone dengan meredupkan layar, mempersingkat waktu hingga mode tidur, menggunakan mode penghemat daya, membatasi notifikasi dan layanan lokasi, dan mengunci iPhone saat tidak digunakan.

Selain itu kamu dapat menghemat baterai dengan mematikan banyak fitur. Saran yang paling praktis adalah menggunakan pengaturan default pada iPhone. Jangan pernah mengisi daya di tempat yang panas, jauhkan ponsel dari sinar matahari saat mengisi daya di dalam mobil, dan buatlah beberapa pilihan yang masuk akal tentang penghematan daya seperti menonaktifkan Wi-FI atau Bluetooth saat tidak digunakan.

(brl/red)