Hati-hati ngecas HP di area publik bisa terkena juice jacking, ini penjelasan dan cara mengatasinya

Hati-hati ngecas HP di area publik bisa terkena juice jacking, ini penjelasan dan cara mengatasinya

Juice jacking.

Hati-hati ngecas HP di area publik bisa terkena juice jacking, ini penjelasan dan cara mengatasinya

foto: freepik.com

Juice jacking adalah sebuah serangan peretasan terhadap data melalui koneksi USB atau kabel yang tersambung dengan USB. Jadi nantinya tak hanya listrik yang ditransferkan oleh pengisi daya, data pada perangkat juga turut serta.

Umumnya kejadian juice jacking ini dapat ditemui di ruang publik yang menyediakan pengisian daya gratis seperti ruang transportasi publik, pusat perbelanjaan, kedai kopi, dan berbagai tempat lainnya.

Tak hanya peretasan data, juice jacking juga dapat berfungsi menyusupkan virus atau malware pada perangkat. Port USB yang telah terkontaminasi juice jacking secara diam-diam akan memungkinkan perpindahan data setelah kabel USB telah terhubung dengan sumber daya. Ini dikarenakan smartphone adalah perangkat yang paling rawan terkena serangan juice jacking.

Ada beberapa jenis serangan Juice Attacking. Diantaranya adalah juice jacking yang mencuri data, menyusupkan malware atau virus, menyerang ke bergai perangkat karena bisa ditularkan, dan mematikan fungsi perangkat.

Cara mengatasi juice jacking

Berbagai cara bisa dilakukan agar smartphone terhindar dari kemungkinan juice jacking. Diantaranya sebagai berikut:

1. Hindari penggunaan tempat pengisian daya di ruang publik. Meskipun terdesak namun usahakan agar smartphone tidak mengisi daya di tempat tersebut. Dikarenakan tidak dapat diketahui siapa saja yang datang dan menanam juice jacking pada pengisian daya di ruang publik

2. Gunakan dan aktifkan software keamanan pada smartphone. Beberapa smartphone telah memiliki mekanisme keamanan tersendiri baik dari fitur atau aplikasi bawaan. Perangkat juga bisa memilih mematikan opsi transfer data secara otomatis ketika kabel pengisian daya tersambung.

3. Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengunci perangkat sekalinya terhubung di tempat pengisian daya gratis milik ruang publik.

4. Lalu alternatif lain adalah jika perangkat menampilkan promt yang meminta kamu mengizinkan koneksi ke komputer, maka tolak.

5. Cara terakhir yang bisa dicoba adalah matikan perangkat ketika proses pengisian daya

(brl/guf)