Cara sembunyikan foto dan video di perangkat Android dan iPhone, data pribadi jadi aman

Cara sembunyikan foto dan video di perangkat Android dan iPhone, data pribadi jadi aman

Techno.id - Smartphone merupakan gadget yang digunakan oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, hadirnya smartphone tentu memberikan kemudahan tersendiri dalam mengakses keperluan harian, baik untuk bekerja, berkomunikasi hingga mencari hiburan.

Bicara keperluan harian, setiap orang tentu memiliki tujuan masing-masing saat menggunakan smartphone. Beberapa pengguna paling sering memanfaatkan smartphone untuk menangkap foto dan video. Dengan memanfaatkan lensa kamera yang ada, proses tersebut bisa dilakukan dengan mudah untuk mendapat kenangan yang dapat dilirik kapan saja.

Namun, seringkali foto maupun video yang telah diambil bersifat sangat pribadi dan setiap pengguna smartphone tidak ingin file tersebut dilihat orang lain. Untungnya, sudah ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyembunyikan foto dan video baik pada perangkat Android maupun iPhone.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (17/1), cara sembunyikan foto dan video di perangkat Android dan iPhone.

Cara sembunyikan foto dan video di perangkat Android dan iPhone

Agar foto dan video yang kamu miliki bisa disembunyikan dengan aman, pada dasarnya cara yang diperlukan cukup sederhana. Kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan yang ada pada setiap smartphone, atau menggunakan aplikasi tambahan.

Kamu hanya tinggal memilih cara mana yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan. Tanpa basa-basi, kamu bisa simak penjelasan berikut untuk mulai menyembunyikan foto dan video baik pada perangkat Android mapun iPhone.

Cara sembunyikan foto dan video di perangkat Android

Cara sembunyikan foto dan video di perangkat Android dan iPhone, data pribadi jadi aman

foto: unsplash.com

Untuk menyembunyikan foto dan video pada perangkat Android pada dasarnya cukup mudah untuk dilakukan. Setiap pabrikan smartphone tentu memiliki cara yang berbeda. Namun pada intinya, cara tersebut terbilang mudah untuk dilakukan. Untuk mulai menyembunyikan foto dan video pada perangkat Android, ikuti langkah di bawah ini.
1. Buka Galeri pada smartphone kamu.
2. Bagi pengguna Samsung, klik titik tiga pada bagian atas Galeri di sebelah tombol search.
3. Pilih Sembunyikan/tampilkan album.
4. Aktifkan toggle yang ada pada setiap album yang ingin kamu sembunyikan.

Cara sembunyikan foto dan video di perangkat iPhone

Cara sembunyikan foto dan video di perangkat Android dan iPhone, data pribadi jadi aman

foto: unsplash.com

Tak jauh berbeda dengan Android, cara sembunyikan foto dan video di perangkat iPhone juga dapat dilakukan dengan cukup mudah. Kamu bisa menggunakan fitur bawaan yang ada pada perangkat tersebut untuk menyembunyikan foto maupun video. Tak perlu berlama-lama, ikuti langkah berikut untuk menyembunyikan foto maupun video di iPhone kamu.

1. Aktifkan terlebih dahulu fitur Album Tersembunyi yang ada pada Pengaturan.
2. Jika sudah, buka aplikasi Foto yang ada pada iPhone kamu.
3. Pilih folder foto dan video yang ingin kamu sembunyikan.
4. Tekan ikon Bagikan pada bagian kiri bawah kemudian pilih Sembunyikan.

Cara sembunyikan foto dan video menggunakan aplikasi

Cara sembunyikan foto dan video di perangkat Android dan iPhone, data pribadi jadi aman

foto: unsplash.com

Selain menggunakan pengaturan bawaan yang ada pada smartphone Android maupun iPhone. Kamu juga bisa memanfaatkan bantuan aplikasi untuk mengamankan foto maupun video. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi tambahan seperti Vaulty, KeepSafe, LockMyPix, Calculator Photo Vault, AppLock, 1Gallery, Hide Something, Files by Google, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan aplikasi tersebut, proses menyembunyikan foto tentu bisa lebih mudah. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengatur password jika memang diperlukan.


(brl/guf)