9 Langkah cek sinyal TV digital via aplikasi, mudah dan praktis

9 Langkah cek sinyal TV digital via aplikasi, mudah dan praktis

Techno.id - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menggalakkan program untuk beralih dari siaran TV analog menuju TV digital. Rencana tersebut sudah berhasil dilaksanakan mulai awal bulan Mei lalu dan direncanakan rampung pada bulan November. Kominfo hingga saat ini masih berusaha menambah jangkauan sinyal TV digital untuk seluruh wilayah Indonesia.

Perpindahan dari TV analog ke TV digital dilaksanakan secara bertahap hingga semua masyarakat dapat menikmati program tersebut. Sebab siaran TV digital memiliki keunggulan yaitu kualitas gambar lebih jernih, suara lebih jelas, dan mengikuti kecanggihan teknologi. Bahkan untuk mensukseskan program tersebut, pemerintah melalui Kementerian Sosial membagikan alat dekoder STB agar masyarakat menengah ke bawah juga merasakan benefit dari TV digital.

Saat ini TV digital sudah menjangkau 87 dari total 112 wilayah yang akan dijangkau. Untuk mengetahui jangkauan siaran TV digital dapat dilakukan dengan aplikasi Sinyal TV Digital. Lalu bagaimana cara cek sinyal TV digital melalui aplikasi tersebut? Pada kesempatan ini Selasa (10/5) techno.id akan memberikan 9 langkahnya secara mudah dan praktis.

1. Silakan pergi ke aplikasi Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS.

9 Langkah cek sinyal TV digital via aplikasi, mudah dan praktis

foto: pixabay.com

2. Kemudian tuliskan aplikasi Sinyal TV Digital ke kolom pencarian.
3. Setelah menemukan aplikasi tersebut, silakan untuk unduh dan install pada perangkat yang digunakan.
4. Apabila pemasangan aplikasi tersebut berhasil dilakukan, lanjut untuk langsung membuka ke aplikasi SinyalTVDigital.
5. Berikan izin untuk aplikasi mengakses lokasi. Karena izin tersebut diperlukan untuk mengetahui lokasi pengguna berada. Nantinya lokasi tersebut akan menjadi patokan apakah wilayahnya sudah mendukung sinyal TV digital ataukah belum.
6. Kemudian ketikan lokasi dimana pengguna berada pada kolom pencarian utama aplikasi SinyalTVDigital.
7. Pengguna akan diberikan tampilan peta sesuai lokasi yang diinginkan.

9 Langkah cek sinyal TV digital via aplikasi, mudah dan praktis

foto: pixabay.com

8. Pada bagian kiri bawah terdapat kolom "Legend". Klik opsi tersebut untuk mengetahui informasi dimana lokasi sinyal TV digital dari yang lemah hingga paling kuat. Sebagai catatan warna merah menunjukan sinyal tersebut kuat, warna hijau kuning untuk sinyal yang sedang, dan putih atau abu-abu untuk sinyal yang lemah.
9. Peta akan memperlihatkan titik lokasi dan menghubungkannya dengan transmisi terdekat secara otomatis.

Aplikasi SinyalTVDigital digunakan untuk mengetahui sebesar kuat sinyal TV digital di sekitar lokasi pengguna. Selain itu platform tersebut juga memberikan informasi mengenai pemancar sinyal TV digital di seluruh Indonesia. Sistem interface yang mudah dipahami juga disematkan oleh pihak pengembang aplikasi. Dengan begitu aplikasi SinyalTVDigital pas digunakan sebelum membeli TV DVB-T2 atau STB DVB-T2


(brl/guf)