Cara mudah atasi memori internal smartphone penuh, ini penyebabnya

Cara mudah atasi memori internal smartphone penuh, ini penyebabnya

Techno.id - Salah satu komponen penting yang diperlukan smartphone adalah memori internal. Ya, part memori dari ponsel berfungsi sebagai penyimpanan file baik itu foto, video, dokumen, lagu, dan tentunya aplikasi perangkat. Sebuah aplikasi memerlukan memori untuk menyimpan data sistem operasi agar dapat dijalankan.

Sedikit informasi, bahwa memori internal memiliki kapasitas yang berbeda. Tentu semakin besar ruang penyimpanan memori, maka akan ada banyak data yang bisa tersimpan. Memori dengan kapasitas 32 GB menjadi yang paling kecil. Kemudian berlanjut kelipatan 4 hingga terdapat memori smartphone berkapasitas 1 TB.

Memang ada banyak file yang bisa tersimpan dalam memori internal. Akan tetapi sering kali pengguna mengalami kehabisan kapasitas penyimpanan memori. Akibatnya ponsel tidak mampu lagi menyimpan data secara baik.

Tentu memori penuh menjadi problem di hampir semua pengguna smartphone. Bahkan terdapat pengguna yang memiliki sebuah masalah dengan ponsel yang tidak memiliki banyak aplikasi dan file foto, namun kapasitas memori bisa penuh sendiri.

Ketika memori internal penuh tentu penggunaan perangkat tidak akan bisa maksimal. Hingga pengguna sering merasa kesal, karena apabila saat dibutuhkan, ponsel tidak bisa bekerja untuk menyimpan data. Meskipun demikian, kamu tak perlu khawatir.

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi memori smartphone penuh. Pada kesempatan ini Kamis (3/11), techno.id akan memberikan cara mudah atasi memori internal smartphone yang dirangkum dari berbagai sumber.

Namun sebelum masuk ke caranya, kamu perlu mengetahui apa sih penyebab dari memori internal penuh. Ada beberapa hal atau aktivitas pengguna yang menyebabkan memori internal penuh, antara lain:

1. Melakukan instal aplikasi berukuran besar.
2. Merekam video dengan kualitas tinggi
3. Tak pernah membersihkan file sampah atau sering disebut cache.
4. Menyimpan media dari aplikasi seperti WA, IG, dan lain secara otomatis.
5. Terakhir, perangkat terkena virus malware dari pengunduhan file maupun aplikasi berbahaya.

Cara mengatasi memori smartphone penuh.

1. Hapus aplikasi tak diperlukan.

Cara mudah atasi memori internal smartphone penuh, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Memang memiliki banyak aplikasi sangat membantu pengguna dalam beraktivitas secara digital. Namun ada kalanya terdapat aplikasi tak terpakai. Sering kali pengguna lupa dengan aplikasi game yang jarang dimainkan. Silakan untuk hapus beberapa aplikasi tak terpakai dan jarang dibuka. Karena aplikasi yang tak digunakan tetap memakan penyimpanan memori interna.

2. Mematikan opsi update otomatis di toko aplikasi.

Di dalam toko aplikasi seperti Play Store terdapat opsi untuk melakukan update otomatis. Tentu melakukan update otomatis membantu pengguna agar mendapatkan aplikasi tanpa bug. Namun di sisi lain, update otomatis membuat penyimpanan internal semakin tergerus. Karena sering aplikasi telah diupdate memiliki ukuran file lebih besar dari sebelumnya.

3. Bersihkan cache secara berkala.

Cache memberikan manfaat dengan menyimpan beberapa data pengguna. Namun cache dengan jumlah yang banyak membuat smartphone terbebani. File sampah ini silakan kamu hapus secara berkala. Karena jika dibiarkan, akan memakan kapasitas penyimpanan secara besar.

5. Instal aplikasi aplikasi antivirus legal.

Cara mudah atasi memori internal smartphone penuh, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Salah satu penyebab memori penuh adalah adanya virus yang masuk ke perangkat. Untuk mencegahnya terjadi, pengguna bisa menginstal antivirus yang legal. Bahkan tak masalah jika pengguna perlu berlangganan agar smartphone tetap aman digunakan. Terlebih aplikasi antivirus juga mempunyai fitur-fitur agar perangkat dapat dipakai secara maksimal.

6. Hapus file foto dan video tak diperlukan.

Cara mudah atasi memori internal smartphone penuh, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Smartphone saat ini telah dibekali dengan kamera mumpuni untuk aktivitas fotografi mobile. Namun perlu diketahui, semakin banyak foto yang tersimpan, maka memori internal akan terkikis. Terlebih file foto maupun video tergolong memiliki ukuran file besar. Untuk itu, silakan seleksi foto mana yang diperlukan dan disuka.

7. Backup file penting ke Drive lain.

Cara mudah atasi memori internal smartphone penuh, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Memang tak dapat dipungkiri smartphone mempunyai kapasitas memori internal terbatas. Untuk itu pengguna memerlukan penyimpanan lain agar file tidak hilang. Kamu bisa menggunakan drive atau penyimpanan digital seperti Google Drive. Dengan platform tersebut pengguna bisa melakukan backup file secara mudah dan dengan kapasitas besar. Silakan pindahkan file ke drive yang dipilih, atau pengguna bisa menggunakan laptop maupun PC dengan harddisk lebih besar.

8. Mematikan auto download file media di medsos.

Cara mudah atasi memori internal smartphone penuh, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Dalam aplikasi media sosial seperti WhatsApp memiliki Ai untuk menyimpan data secara otomatis. Oleh karena itu, pengguna bisa mematikan fitur tersebut, agar sistem tidak melakukan penyimpanan tak diperlukan secara otomatis. Dengan mematikan fitur pengunduhan otomatis tersebut, pengguna bisa lebih leluasa dalam menyeleksi file mana yang diperlukan untuk didownload.

9. Hapus aplikasi bloatware.

Seperti diketahui bersama, sistem UI sering memberikan aplikasi bloatware atau lebih dikenal dengan aplikasi bawaan. Tentu ada beberapa aplikasi bloatware yang tak digunakan oleh pengguna. Oleh karena itu, pengguna perlu menghapus aplikasi bloatware yang telah terunduh secara otomatis.

10. Gunakan memori eksternal.

Cara mudah atasi memori internal smartphone penuh, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Memasang memori eksternal tentu menjadi cara yang umum untuk dilakukan banyak pengguna. Terlebih ponsel saat ini diberi slot microSD yang mampu membaca kapasitas memori hingga 1 TB. Namun sayangnya, beberapa perangkat tidak memberikan opsi slot microSD.

11. Lakukan factory reset.

Langkah terakhir jika kamu menginginkan memori perangkat lega secara cepat, adalah dengan melakukan factory reset. Dengan melakukan factory reset, semua data file dari memori internal akan otomatis terhapus. Karena factory reset sejatinya mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik, seperti sedia kala. Namun perlu dicatat, jika ingin melakukan cara ini silakan untuk backup terlebih dahulu file-file penting pengguna.


(brl/guf)