Cara mudah mentransfer data pesan teks antara dua perangkat Android

Cara mudah mentransfer data pesan teks antara dua perangkat Android

Techno.id - Mentransfer semua data pribadi kamu sangat penting ketika pindah ke smartphone baru, termasuk kontak, riwayat panggilan, pesan, aplikasi dan data aplikasi, foto, video, dan pengaturan perangkat. Ada beberapa cara untuk mentransfer semua data ke perangkat baru.

Karena ponsel Android mengharuskan kamu masuk dengan akun Google, sebagian besar data kamu, seperti kontak, kata sandi yang disimpan, media yang dicadangkan ke Foto Google, pengingat, dan kalender, secara otomatis tersedia di perangkat baru. Kamu hanya perlu masuk dengan akun Google untuk mengakses informasi ini.

Untuk pesan teks, jika mengandalkan aplikasi pesan pihak ketiga seperti WhatsApp, kamu bisa mencadangkan obrolan ke Google Drive untuk mengaksesnya di ponsel baru kamu. Kamu juga bisa mentransfer seluruh riwayat obrolan WhatsApp ke perangkat baru.

Namun, jika kamu menggunakan Google Messages untuk mengirim teks, kamu harus mengakses riwayat pesan, termasuk pesan teks lama, di ponsel baru kamu. Meskipun akun Google kamu tidak menyimpan pesan teks secara default, ada cara untuk mencadangkannya ke akun kamu dan mengaksesnya di ponsel baru. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mentransfer pesan teks ke perangkat baru.

Begini cara mentransfer teks di antara perangkat Android menggunakan pencadangan Google

Cara mudah mentransfer data pesan teks antara dua perangkat Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pencadangan Google adalah cara termudah untuk mencadangkan data ponsel Android kamu, termasuk pesan teks. Namun, ada peringatan, setiap akun Google dilengkapi dengan penyimpanan gratis sebesar 15GB, jadi jika kamu telah menggunakan sebagian besar ruang tersebut untuk Gmail, Google Drive, dan Foto Google, kamu mungkin tidak akan memiliki cukup ruang untuk mencadangkan data yang tersisa di ponsel.

Jika kamu ingin menggunakan cadangan Google untuk mentransfer pesan teks, pastikan memiliki penyimpanan Google yang cukup atau membeli lebih banyak penyimpanan dengan Google One sebelum menggunakan metode ini. Berikut ini cara memindahkan pesan ke ponsel Android baru kamu dengan cadangan Google.

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android lama kamu.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Google.

3. Ketuk Cadangan.

4. Aktifkan cadangan jika kamu belum melakukannya.

5. Konfirmasikan bahwa pesan SMS dan MMS terdaftar di bawah Rincian cadangan.

6. Ketuk Cadangkan sekarang untuk memulai pencadangan manual.

Setelah pesan kamu dicadangkan, masuk dengan akun Google di perangkat baru. Ketika diminta untuk memulihkan data dari akun Google kamu, pilih opsi tersebut. Pesan teks kamu sekarang akan tersedia di aplikasi Pesan di ponsel Android baru.

(brl/red)