5 Faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memperbarui sistem Android

5 Faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memperbarui sistem Android

Techno.id - Sistem operasi Android secara teratur akan mengalami pembaruan untuk perangkat selular yang akan menghadirkan fitur-fitur terbaru, peningkatan keamanan, dan perbaikan kesalahan (bug). Namun, sebelum kamu memutuskan untuk memperbarui perangkat Android, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan update. Berikut Techno.id akan menjelaskan 5 faktor yang harus dipertimbangkan ketika akan memperbarui sistem Android, Kamis (02/11).

1. Menyesuaikan kebutuhan perangkat

5 Faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memperbarui sistem Android foto: freepik

Sebelum memutuskan memperbarui sistem Android, faktor pertama yang perlu dipertimbangkan pada perangkat yaitu jalannya fungsi smartphone dengan baik. Pembaruan terbaru mungkin memerlukan lebih banyak daya dan penggunaan CPU yang berlebih serta penyimpanan ekstra, dan mungkin tidak cocok untuk perangkat yang lebih tua. Pastikan untuk memeriksa persyaratan yang berlaku pada sistem untuk pembaruan terbaru dan pastikan perangkat memenuhi syarat.

2. Backup data penting

5 Faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memperbarui sistem Android foto: freepik/rawpixel.com

Sebelum melakukan pembaruan sistem Android, sangat penting untuk mencadangkan data. Opsi ini mencakup foto, video, pesan teks, dan aplikasi pribadi lainnya yang dapat error jika data tersebut tidak di cadangkan terlebih dahulu. Jika data sudah dicadangkan maka tidak ada masalah selama pembaruan dan kamu tidak akan kehilangan data berharga. Gunakan penyimpanan cloud atau salin data ke komputer sebagai tindakan pencegahan jika terjadi error saaat pembaharuan.

3. Pastikan koneksi internet stabil

5 Faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memperbarui sistem Android foto: freepik

Pembaruan sistem Android biasanya memerlukan koneksi internet yang stabil. Pastikan kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang baik dan pastikan koneksi tersebut stabil selama pembaruan. Jika pembaruan sistem Android terputus karena masalah koneksi, ini bisa menyebabkan masalah perangkat terutama pada bagian software.

4. Periksa ulasan dan masalah pembaruan

5 Faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memperbarui sistem Android foto: freepik

Sebelum melakukan pembaruan dan menginstal sistem Android terbaru, cari ulasan dan informasi tentang pembaruan pada perangkat tersebut. Terkadang, pembaruan sistem Android baru dapat membawa masalah atau bug yang mengganggu kinerja perangkat. Dengan memeriksa ulasan dan masalah yang dilaporkan oleh pengguna lain, kamu mendapatkan informasi terkait persiapan untuk memperbarui sekarang atau menunggu pembaruan berikutnya.

5. Daya baterai yang cukup

5 Faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memperbarui sistem Android foto: freepik/rawpixel.com

Pastikan perangkat kamu memiliki daya baterai yang mencukupi sebelum memulai pembaruan sistem Android. Proses pembaruan bisa memakan waktu yang lama, dan jika baterai sedikit dan habis saat sedang memperbarui, ini bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat. Disarankan untuk memiliki setidaknya 50% daya baterai sebelum memulai pembaruan.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor di atas, kamu dapat memastikan bahwa pembaruan sistem Android yang dilakukan berjalan lancar dan tanpa masalah. Pembaruan sistem operasi merupakan cara yang baik untuk menjaga perangkat Android kamu tetap aman dan up to date dengan fitur-fitur terbaru.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)