4 Cara mengurangi pengurasan baterai Google Chrome di smartphone Android

4 Cara mengurangi pengurasan baterai Google Chrome di smartphone Android

Techno.id - Chrome adalah salah satu peramban web selular terbaik.Tetapi Chrome dikenal sebagai peramban yang rakus daya baterai di platform Android. Kamu bisa beralih pada peramban alternatif untuk mengatasinya.

Tetapi jika kamu adalah penggemar berat Chrome, berikut beberapa cara untuk membuat Chrome menggunakan lebih sedikit daya baterai.

1. Tutup tab yang tidak lagi diperlukan

4 Cara mengurangi pengurasan baterai Google Chrome di smartphone Android foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu memiliki kebiasaan membuka banyak tab di Chrome, cara itu bisa menjadi salah satu alasan utama mengapa peramban tersebut menghabiskan lebih banyak baterai. Sebab, setiap tab tambahan yang terbuka berarti browser harus bekerja lebih keras. Dengan semakin banyak tab yang terbuka, Chrome harus menggunakan lebih banyak sumber daya ponsel untuk terus berjalan.

Untuk mengurangi pengurasan baterai Chrome, kamu harus meminimalkan tab yang terbuka. Untuk menutup tab, ketuk ikon kotak dengan angka (atau huruf) di dalamnya di kanan atas, lalu ketuk tombol Tutup (X) di kanan atas setiap tab untuk menutupnya. Lakukan cara ini berulang kali hingga kamu menutup semua tab yang tidak diperlukan.

2. Menyesuaikan pengaturan penggunaan baterai Chrome

4 Cara mengurangi pengurasan baterai Google Chrome di smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Tim di balik Android tahu bahwa beberapa aplikasi dapat menjadi boros baterai, jadi mereka memberi kamu alat untuk menyesuaikan penggunaan baterai saat dibutuhkan. Kamu dapat menyesuaikan penggunaan baterai Chrome secara manual dengan masuk ke aplikasi Pengaturan.

1. Buka Pengaturan.

2. Lalu buka Aplikasi dan pilih Chrome dari daftar aplikasi yang baru dibuka.

3. Jika kamu tidak dapat melihat aplikasi, ketuk Lihat semua aplikasi [x], lalu ketuk Chrome dari daftar.

4. Di bawah halaman Info aplikasi Chrome, gulir ke bawah ke Penggunaan baterai aplikasi dan pilih Dibatasi atau Dioptimalkan.

Dioptimalkan adalah pengaturan default, jadi disarankan kamu beralih ke Dibatasi untuk menghemat baterai. Di desktop, kamu dapat mengaktifkan Mode Penghemat Energi Chrome untuk mendapatkan hasil yang sama.

(brl/red)